Cara Merawat Buku Agar Tidak Cepat Rusak

Hallo Agan...Buku adalah salah satu benda yang sangat penting bagi manusia karena buku merupakan sumber dari berbagai ilmu. Tulisan yang ada di dalam buku sangat berpengaruh dalam umat manusia misalnya buku kitab, sejarah, ilmu pengetahuan dll. Baca juga gan sejarah buku dan perkembangannya

Karena sangat penting buku harus kita jaga dan rawat dengan baik agar tidak cepat rusak sehingga isinya masih bisa dipahami, dan berikut ini adalah cara/tips merawat buku agar tidak cepat rusak.

Cara Merawat Buku Agar Tidak Cepat Rusak


1. Diberi sampul

Sampul pada buku berguna untuk melindungi buku dari  kotoran dan debu juga coretan. Oleh karena itu, jangan ragu memberi buku sampul agar buku tidak cepat rusak dan kotor dan sampul juga bisa menambah penampilan buku menjadi lebih oke.


2. Jangan sampai buku tertekuk

Inilah faktor terbesar penyebab kerusakan buku biasanya sering terjadi dikalangan pelajar. Pelajar, jika mendengar bel pulang dan kemudian disuruh gurunya untuk berkemas-kemas pasti hawanya terburu-buru dan biasanya mereka memasukkan buku mereka dengan asal-asalan tanpa berpikir bagaimana posisi buku, sehingga pulang sekolah atau disaat akan belajar mereka hanya bisa meratapi buku mereka yag rusak karena tertekuk padahal belum bayar 1 bulan, sungguh miris.

3. Masukkan buku dengan baik

Nah melanjutkan poin nomor 2 diatas tentunya pertanyaanya sekarang adalah bagaimana cara meletakkan buku yang benar ke dalam tas? Jawabannya adalah jangan buru-buru dalam memasukkan buku ke tas perhatikan dulu apakah ada ujung-ujung yang tertekuk atau tidak rapi yang kemungkinan dapat merusak buku kemudian letakkan buku secara verikal dan tersusun rapi satu sama lain apabila buku yang dibawa banyak.

4. Jangan campur buku dengan alat lain

mengingatbuku adalh benda yang mudah robek jadi jangan campurkan buku dengan alat sekolah yang lainnya misalnya pulpen dan pensil karena selain dapat merobek buku alat tersebut juga dapat mengurangi keindahan buku karena secara tidak sengaja pulpen ataupun pensil bisa mencoret-coret buku dengan sendirinya.( serem gan )

5. Di simpan di rak khusus buku

Buku yang biasanya jarang dibaca seperti buku-buku jaman sekolah kemungkinan besar tidak diperhatikan lagi oleh si empunya. Padahal, yang namanya ilmu didalam buku tidak pernah hilang setua apapun buku itu. 

Nah agar buku-buku lama yang jarang dibaca ini tidak rusak dan bisa dipakai lagi dikemudian hari sebaiknya disimpan di rak khusus buku, usahakan rak buku jangan terbuat dari kayu karena kayu rentan terhadap rayap dan bukupun begitu, saya pernah menyimpan buku dalam rak kayu dan beberapa bulan kemudian, halaman per halaman buku itu habis dimakan rayap dan sekarang hanya menyisakan tulisan yang tidak jelas.

Saran saya jika terpaksa menggunakan rak dari kayu gunakanlah cairan anti rayap untuk berjaga-jaga agar rayap tidak memakan sumber ilmu kita tapi jangan sekali kali menggunakan pestisida karena itu justru akan merusak buku.

Usahakan jangan menyimpan buku di kardus karena kardus mengandung asam yang akan membuat buku menguning.

6. Dibersihkan secara teratur

Buku juga perlu dibersihkan agar tidak cepat rusak karena kotoran yang disebabkan oleh debu, caranya cukup hanya dengan mengelapnya secara teratur agar buku terhindar dari debu.

7. Gunakan pembatas buku jangan dilipat

Ketika kita membaca buku tetapi belum selesai biasanya kita akan melipat halaman buku sebagai pengingat di halaman berapa kita terakhir membaca. Tetapi,hal itu ternyata dapat menyebabkan banyak halaman buku menjadi rusak. Alangkah lebih baik gunakan pembatas sebagai pengingat daripada melipat halaman kertas buku.

8. Susun atau Letakkan buku dengan cara berdiri

Untuk menghindari kerusakan pada cover buku hindari menyimpan buku dengan cara ditumpuk usahakan disimpan dengan cara disususn berdiri pada temapat yang sudah disediakan.

9. Jangan menekuk, melipat, atau mencorat-coret halaman dan cover buku

Seperti yang sudah di bahas jangan lipat buku untuk menandai halaman usahakan gunakan pemabatas buku agar halaman buku tidak rusak dan tetap menjaga kualitas buku. Janganlah melipat buku (melipat jadi dua). Karena tidak akan enak dilihat jika mau dibaca kembali. Jangan mencorat-coret atau menggarisi. Hal tersebut akan sangat menganggu jika kita ingin membaca lagi  atau mungkin ada orang lain yang membaca. Jika memang diperlukan, catatlah di buku catatan khusus.

10. Beri cahaya yang cukup untuk menghindari serangan ngengat

Taruhlah rak atau buku di dalam tempat yang memiliki cahaya yang cukup untuk menghindari serangan ngengat yang akan merusak buku. Agan bisa  membuka jendela kamar untuk membiarkan sinar matahari masuk. Tapi jangan juga biarkan buku terkena sinar matahari langsung supaya buku tidak kuning dan bergelombang. Oleh karena itu cermatlah dalam mengatur pencahayaan di dalam kamar.

11. Beri celah udara pada rak

Karena kelembaban adalah hal yang dapat merusak buku, maka solusi mengatasinya adalah memberikan celah atau membuat ventilasi udara. Selain itu, bisa juga meggunakan AC.

12. Jangan jadikan buku sebagai alas atau pengganjal

Jangan menjadikan buku menjadi alas atau pengganjalkarena bisanya buku sering kali digunakan sebagai pengganjal laptop yang mana itu dapat merusak buku.

Buku merupakan salah satu benda terpenting di dunia karena beragam manfaatnya oleh karena itu kita wajib merawatnya dengan baik agar dapat menyerap ilmunya lagi kelak.