Fakta-Fakta Menarik Tentang DNA

Hallo Agan...Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan singkatan DNA (bahasa Inggris: deoxyribonucleic acid), adalah sejenis biomolekul yang menyimpan dan menyandi instruksi-instruksi genetika setiap organisme dan banyak jenis virus.

Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh University Departemen Oklahoma State Ekonomi Pertanian menemukan fakta yang aneh. Mereka menemukan bahwa lebih dari 80 persen orang Amerika dengan tegas mendukung "label wajib pada makanan yang mengandung DNA". Survei tersebut juga menemukan bahwa sekitar jumlah yang sama dari Amerika juga mendukung label wajib untuk GMO makanan "diproduksi dengan rekayasa genetika".

Fakta-Fakta Menarik Tentang DNA


Sementara temuan survei ini disediakan pakan komedi untuk siklus berita, juga diterangi fakta mengganggu tentang negara jelas negara pendidikan mengenai fakta ilmiah dan pengetahuan DNA. Tidak diragukan lagi, sebagian besar responden cenderung menyuarakan kekhawatiran atas organisme rekayasa genetik ("GMO") dan tempat mereka meningkatkan dalam rantai makanan modern.

Meskipun perdebatan GMO sedang berlangsung dan kekhawatiran yang sah, seperti kerentanan lebih besar terhadap hawar tanaman di seluruh dunia, kebingungan baru-baru ini menunjuk ke sebuah kesalahpahaman mendasar DNA dan implikasinya meningkatkan dalam masyarakat sehari-hari, bisnis lebih lanjut ternyata teknologi DNA terkait menjadi produk komersial yang mempengaruhi massa.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih kuat betapa pentingnya DNA adalah untuk kehidupan sehari-hari dan lebih memperluas seseorang secara keseluruhan basis pengetahuan, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang DNA dan implikasinya di kehidupan modern:

1) Meskipun berbagai organisme di Bumi, masing-masing dibangun dari satu set kompleks petunjuk, DNA itu sendiri dihasilkan oleh kombinasi dari hanya empat komponen, nukleotida adenin, guanin, timin, dan sitosin. Semua kelas organisme, baik menanam atau hewan, semua bisa dipecah menjadi empat nukleotida dasar. Semua perubahan yang merupakan kombinasi spesifik dari pasangan nukleotida sendiri.

2) Penelitian telah menunjukkan bahwa DNA memiliki paruh 521 tahun. Ketika sepenuhnya rusak, ini berarti bahwa sampel tertua DNA yang dapat viably dikloning ke dalam baru, organisme hidup memiliki batas alami dari 2 juta tahun. Fakta ini mengesampingkan kemungkinan kloning tanaman punah atau hewan yang lebih tua dari usia ini. Akibatnya, harapan kloning dinosaurus, ala Jurassic Park, saat ini tidak mungkin.

3) Sekitar 8% dari semua DNA manusia saat ini sebenarnya terdiri dari virus kuno yang digunakan untuk menginfeksi manusia di masa lalu. Alasan ini telah terjadi adalah bahwa retrovirus kuno, hampir semua dari mereka yang sudah punah, manusia terinfeksi dan dimasukkan DNA mereka sendiri ke dalam genom sel inang '. Jika sel-sel ini termasuk sel reproduksi seperti sel benih jantan atau telur, maka DNA retrovirus akan menjadi diteruskan generasi-generasi.

4) DNA sebenarnya pertama kali ditemukan hampir 150 tahun yang lalu, namun para ilmuwan tidak mengerti fungsinya sampai hampir 75 tahun kemudian. Friedrich Miescher pertama kali ditemukan DNA pada tahun 1869 melalui penelitiannya. Sayangnya, para ilmuwan pada waktu itu, termasuk Miescher, tidak mengerti apa itu. Ia tidak sampai 1943 bahwa penelitian selanjutnya menjelaskan bahwa DNA disimpan materi genetik dalam sel. Untuk tahun interim, diyakini bahwa protein yang tersimpan informasi genetik sekarang terkait dengan DNA.

5) Para ilmuwan sekarang membuka kemampuan DNA untuk menyimpan informasi digital, karena sifat dan struktur. Dalam sebuah percobaan Harvard University yang disponsori, ilmuwan disimpan 700 terabyte data ke satu gram DNA. Demi perbandingan, bahwa jumlah informasi yang sama setara dengan £ 330 dari hard drive fisik. Itu jumlah yang sama data sekarang dapat berpotensi disimpan dalam media cukup kecil untuk muat di ujung jari. Sayangnya, metode sekuensing saat diperlukan untuk memecahkan kode data yang disimpan tetap mahal dan memakan waktu, membatasi aplikasi praktis saat ini.

6) Meskipun terdiri dari hanya empat nukleotida dasar, DNA adalah rantai sinyal yang sangat kompleks informasi. Untuk meletakkannya dalam perspektif, jika satu orang untuk mengorak struktur helix ganda DNA dan berbaring di garis lurus, itu akan meregangkan selama 10 miliar mil. Dalam jarak itu, orang bisa melakukan perjalanan dari Bumi ke Pluto dan kembali.

7) Semua manusia non-Afrika mengandung DNA Neanderthal karena periode perkawinan manusia dan Neanderthal. Kromosom X manusia juga telah ditentukan berasal dari Neanderthal, tapi hanya untuk manusia asal non-Afrika. Mengingat gen mereka untuk bahasa, serta keterampilan yang sangat maju dalam seni dan alat keahlian, Neanderthal menambahkan variabilitas genetik yang cukup dan kekuatan untuk genom manusia.

8) Hampir semua cheetah secara genetik identik satu sama lain. Sementara tikus laboratorium dan tikus telah dikenakan perkawinan yang konsisten untuk menjaga hasil eksperimen sebagai seragam mungkin, penelitian telah menemukan bahwa hampir semua Cheetah juga memiliki hampir genom yang sama meskipun populasi besar spesies '. Para ilmuwan berteori bahwa sekitar 100.000 tahun yang lalu beberapa peristiwa yang tidak diketahui mengurangi populasi cheetah ke sesedikit tujuh individu hewan. Penyebab pasti belum diketahui, namun penduduk mampu perlahan pulih dan membangun kembali selama berabad-abad. Sayangnya meskipun, kesamaan genetik ekstrem mereka meninggalkan cheetah sangat rentan terhadap penyakit.

9) Hal ini sangat mungkin untuk hidup dengan dua set khas DNA. Kebanyakan manusia hidup dan dibangun dari satu set cetak biru genetik. Dengan beberapa kehamilan, kembar sering terbentuk awal namun karena keadaan, satu diserap oleh yang lain cukup dini tanpa komplikasi lebih lanjut. Dalam kasus-kasus tertentu meskipun, anak yang tersisa, biasanya tidak menyadari dia memiliki kembar dalam kandungan masih memiliki sisa-sisa kode genetik kembar mereka dalam diri mereka. Kondisi ini, yang dikenal sebagai chimerism, sering tidak terdeteksi tetapi terjadi lebih sering daripada orang berpikir.

10) penelitian DNA telah pasti menunjukkan bahwa penjelajah Viking mencapai abad Amerika Utara sebelum Christopher Columbus 'kedatangan di Dunia Baru. Tes DNA telah membuktikan bahwa empat keluarga yang terpisah di Islandia memiliki varian genetik tertentu yang hanya diketahui ada dalam Native American dan masyarakat Asia Timur. Pengujian genetik telah memberikan bukti substansial bahwa setidaknya satu wanita asli Amerika dibawa ke Islandia sendiri, berdasarkan tes DNA yang menunjukkan kontak antara kedua bangsa sejauh 1.700.

Daftar sederhana ini fakta hanya menyediakan puncak gunung es dalam hal melekat pentingnya DNA, serta bagaimana hal itu mempengaruhi dunia pada umumnya. Sementara informasi yang terkandung dalam signifikan, DNA juga bisa menjadi peta ke dunia lama pergi. Tes DNA memberikan wawasan dan pencahayaan dalam peristiwa masa lalu dan populasi yang seharusnya dapat diketahui.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging