Ternyata Kura-Kura Menguasai Teknologi Layar Sentuh

Halo Agan...Kura-kura dan penyu adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut (ordo) Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku. 

Kura-kura biasanya hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut. Sebagian jenisnya hidup sepenuhnya akuatik, baik di air tawar maupun di lautan. Kura-kura ada yang bersifat pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora) atau campuran (omnivora).
Ternyata Kura-Kura Menguasai Teknologi Layar Sentuh
kura-kura

Nah ngong-ngong soal kura-kura hewan ternyata bisa menguasai teknologi layar sentuh lho. Kura-kura telah belajar bagaimana menggunakan layar sentuh sebagai bagian dari studi yang bertujuan untuk mengajarkan hewan teknik navigasi.

Penelitian, yang dipimpin oleh Dr Anna Wilkinson, dari Sekolah Ilmu, melibatkan  kura-kura kaki merah, yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Struktur otak reptile terutama kura-kura sangat berbeda dibandingkan dengan dengan yang mamalia, yang menggunakan otak bagian hippocampus untuk navigasi spasial.

Sebaliknya, hewan reptil berpikir bahwa korteks medial reptil berfungsi sebagai  bagian homolog, namun sangat sedikit perilaku kerja yang  sebenarnya sedang  diteliti ini. Untuk memahami bagaimana kura-kura belajar untuk menavigasi di sekitar lingkungan mereka, para peneliti menguji bagaimana reptil mengandalkan isyarat untuk berkeliling.

Dr Wilkinson mengatakan: "Kura-kura adalah hewan yang  sempurna untukpenelitian ini dan kita bisa  belajar dari mereka karena mereka dianggap sebagian besar tidak berubah (berevolusi) dari ketika mereka menjelajahi dunia jutaan tahun yang lalu Dan penelitian ini penting agar kita dapat lebih memahami evolusi otak dan evolusi kognisi.

Dr Wilkinson memberikan pelatihan awal sementara di University of Vienna kepada  kura-kura dengan cara memperlakukannya dengan buah stroberi berada di lingkaran warna biru di dalam layar,  ketika reptile kura-kura melihat stroberi, kura-kura akan mendekati dan kemudian mematuk lingkaran biru di layar sentuh tersebut.

Dua dari kura-kura yang bernama Esme dan Quinn, melanjutkan untuk menerapkan pengetahuan yang sudah mereka pelajari  untuk situasi di kehidupan yang nyata.

Para peneliti menempatkan mereka di arena dengan dua kosong mangkuk makanan yang tampak seperti lingkaran biru di layar sentuh. Kura-kura pergi ke mangkuk di sisi yang sama dengan kalangan mereka yang dilatih untuk mematuk di layar.

Dr Wilkinson menjelaskan: "Tugas mereka adalah  hanya diharuskan untuk ingat di mana mereka telah dihargai, belajar pola respon sederhana pada layar sentuh Mereka kemudian ditransfer apa yang telah mereka pelajari dari layar sentuh ke dalam situasi dunia nyata ini memberitahu kita bahwa ketika menavigasi di ruang nyata mereka tidak bergantung pada umpan balik bermotor sederhana namun belajar tentang posisi stimulasi dalam lingkungan.

"Masalah besarnya adalah bagaimana untuk menanyakan kepada semua hewan pertanyaan bahwa mereka sama-sama mampu menjawab tapi terkendala bahasa. Layar sentuh  adalah solusi brilian masalah bahasa ini karena semua hewan dapat berinteraksi dengan itu, apakah itu dengan kaki, hidung atau paruh. Hal ini memungkinkan kita untuk membandingkan kemampuan kognitif yang berbeda dari hewan-hewan tersebut.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging