Hal Yang Dilakukan Untuk Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi di Indonesia



Hallo Agan…kecelakaan transportasi menjadi salah satu ancaman keselamatan transportasi di Indonesia, Selain karena kesalahan manusia atau human error, sebab lain kecelakaan adalah karena rambu-rambu jalan raya dan rambu-rambu kereta api yang kurang berfungsi secara optimal serta pengemudi yang tidak menaati peraturan.

keamanan dan kenyamanan transportasi harus selalu diperhatikan. lokasi Indonesia tidak hanya memberikan keuntungan dalam kegiatan transportasi, tetapi juga terdapat beberapa ancaman yang harus diwaspadai. Iklim dan cuaca di Indonesia berpengaruh terhadap kegiatan transportasi. Kabut, hujan, cuaca buruk, angin, dan badai merupakan contoh ancaman alam yang merupakan dampak iklim dan cuaca di Indonesia.Oleh Karena itu, masyarakat harus selalu waspada memperhatikan kondisi alam dalam melaksanakan kegiatan transportasi.

Untuk menjaga agar kita selalu aman berkendara beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi di Indonesia sebagai berikut.

bus.jpg
salah satu transportasi di indonesia

 
1) Kesiapan Manusia


Manusia sebagai pengguna transportasi dan operator transportasi harus selalu menaati ketentuan angkutan umum dan jalan raya. Pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan hukum berupa UU.No.22 tahun 2009. Peraturan hukum tersebut mengatur bagaimana cara melakukan kegiatan transportasi di jalan raya. Undangundang dikeluarkan sebagai salah satu upaya mewujudkan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Kesalahan manusia adalah faktor tertinggi penyebab kecalakaan lalu lintas dan angkutan di Indonesia. Kelalaian manusia sering menjadi penyebab utama kecelakaan. Sebagai contoh ada pengemudi kendaraan yang tidak memiliki surat ijin mengemudi, pengemudi tidak menaati rambu-rambu, angkutan yang sarat dengan penumpang/ muatan, dan sebagainya. Sebagai warga negara yang baik, kamu harus selalu taat pada peraturan berlalulintas agar transportasi aman dan nyaman.

Coba pikirkan Kecelakaan darat yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan
faktor kelalaian manusia. Kecelakaan darat yang terjadi di Indonesia sebagian besar adalah roda dua (sepeda motor). Setiap menit ada orang meninggal dunia di Indonesia karena kecelakaan sepeda motor. Kelalaian manusia paling banyak adalah tidak taat rambu-rambu. Kelak apabila kamu telah diperbolehkan oleh hukum untuk mengendarai kendaraan bermotor, harus selalu hati-hati dan taat pada rambu-rambu peraturan lalu lintas.

2) Sarana dan Prasarana

Peralatan transportasi merupakan salah satu bagian penting untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan transportasi. Banyak kecelakaan yang terjadi disebabkan sarana transportasi seperti kendaraan yang tidak layak jalan. Sebelum digunakan setiap kendaraan harus selalu dicek kesiapannya untuk menempuh perjalanan. Peralatan dalam sarana transportasi juga harus selalu diperhatikan. Sebagai contoh, saat kamu berwisata di danau lalu menikmati keindahan danau dengan perahu, alat pelampung penumpang harus selalu digunakan.  Pengemudi dan penumpang mobil yang duduk di kursi depan juga harus selalu mengenakan sabuk pengaman agar tidak membahayakan. Pada saat naik bus, kamu juga harus selalu memperhatikan peralatan yang ada dalam bus, misalnya harus ada palu pemecah kaca darurat. Dalam perjalanan pesawat udara, kamu juga harus selalu taat pada instruksi awak pesawat agar perjalanan aman dan nyaman.

Selain peralatan di dalam kendaraan, hal lain yang sangat penting adalah rambu-rambu
dalam berkendara. Setiap jenis transportasi pasti memiliki rambu-rambu tersendiri. Rambu-rambu ini sangat penting artinya bagi keselamatan transportasi. Karena itu kamu harus berpartisipasi menjaga rambu-rambu lalu lintas di sekitar tempat tinggalmu.

Terminal, halte, dan tempat penyeberangan merupakan prasarana lain yang sangat penting dalam kegiatan transportasi. Prasarana tersebut merupakan fasilitas umum yang sangat menentukan keselamatan dan kenyamanan para penumpang. Sebagai anggota masyarakat, kamu diharapkan selalu turut berpartisipasi dalam menjaga keutuhan dan kenyamanan berbagai sarana tersebut.


Demikian Postingan dari saya tentang  bila ada banyak kesalahan mohon maaf.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging