Warna kumbang Menunjukkan tingkat racun mereka


 Hallo Agan...Untuk salah satu kelompok paling dicintai dan berwarna-warni di dunia, yaitu kelompok serangga, kecerahan warna mereka mengungkapkan sejauh mana toksisitas (racun) mereka untuk predator, menurut penelitian  yang baru dilakukan di Universitas Exeter dan Cambridge. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Laporan,  juga menemukan bahwa spesies kumbang lebih mencolok dan berwarna-warni, semakin kecil kemungkinan kumbang itu akan  diserang oleh burung.

Lina MarĂ­a Arenas, seorang mahasiswa PhD di Pusat Ekologi dan Konservasi di University of Exeter dan dari Universitas Cambridge mengatakan: " Kepik (Ladybird) kumbang adalah salah satu serangga yang paling dihargai dan karismatik, yang keduanya indah berwarna dan merupakan  teman untuk setiap tukang kebun . Studi kami menunjukkan bahwa tidak hanya warna kepik mengungkapkan seberapa beracunnya mereka untuk predator, tetapi juga bahwa burung memahami sinyal bahwa kepik  memberinya sinyal bahaya. Burung cenderung menyerang kepik yang  lebih mencolok. "

kepik.jpg
kepik yang memiliki warna yang bermacam-macam


Meskipun kepik merah dengan bintik-bintik hitam yang paling akrab dan populer, kepik adalah kelompok yang memiliki beragam spesies dan ada dalam berbagai warna dan pola, dari kuning dan oranye bahkan disamarkan cokelat. Pewarnaan yang cerah spesies kepik yang berbeda bertindak sebagai sinyal peringatan, mengatakan predator potensial untuk berhati-hati dari berbau busuk, bahan kimia beracun yang mereka gunakan untuk pertahanan.

Para peneliti mengukur toksisitas menggunakan uji biologis, dengan menghitung jumlah korban tewas Daphnia - krustasea kecil - dalam air yang mengandung racun kumbang yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima spesies kepik umum masing-masing memiliki tingkat yang berbeda pertahanan beracun. Spesies dengan warna yang paling berwarna-warni dan mencolok terhadap vegetasi alam di mana mereka tinggal juga yang paling beracun.

Dr Martin Stevens dari University of Exeter mengatakan: "Hasil penelitian kami memberitahu kita bahwa kepik ini merupakan sinyal yang 'jujur' bagi predator, karena warna mereka mengungkapkan seberapa baik mereka dapat membela diri.

"Spesies yang relatif tidak mencolok, seperti ladybird larch, memiliki tingkatan yang rendah dalam pertahanan dan lebih menekankan pada  cara agar tidak terlihat, sedangkan kepik yang lebih mencolok dan berwarna-warni spesies, seperti kumbang kecil 2-spot, secara terbuka memamerkan pertahanan mereka yang kuat untuk predator seperti burung . "

Kamera dimodifikasi yang sensitif terhadap sinar ultraviolet yang digunakan untuk memotret kepik, memungkinkan para peneliti untuk menggunakan pemodelan dan analisis citra teknik khusus untuk menganalisis bagaimana setiap spesies akan muncul untuk burung pemangsa, yang memiliki visi warna yang sangat berbeda dengan manusia.

Untuk menguji seberapa besar kemungkinan setiap spesies adalah untuk diserang, versi buatan masing-masing spesies kepik disajikan untuk burung liar. Burung-burung mampu mengenali perbedaan warna antara mangsa, dan paling tidak mungkin untuk menyerang cerah, spesies kepik lebih mencolok.


Studi ini adalah yang pertama untuk secara komprehensif menunjukkan bahwa tingkat warna dan kemenyolok dari spesies yang berbeda dengan sinyal peringatan mengungkapkan bagaimana beracun mereka, dan pada gilirannya lebih spesies beracun dan berwarna-warni cenderung diserang di alam liar karena menarik perhatian.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging