Pengertian Adhesi dan Kohesi Serta Contohnya

Pernahkah agan memperhatikan benda-benda yang ada di rumahmu? Benda-benda tersebut warnanya bermacam-macam, bukan? Warna-warna benda dirumah agan ada karena benda terebut dicat. Mengapa cat dapat menempel pada berbagai macam benda baik yang terbuat dari tembok, kayu, besi maupun logam dan bahan lainnya?


Partikel-partikel zat padat dan partikel-partikel zat cair dapat mengadakan suatu ikatan, sehingga terjadi gaya tarik-menarik. Cat dapat menempel pada kayu dan besi karena antara partikel-partikel cat dan partikel-partikel kayu atau besi terjadi gaya tarik-menarik. Peristiwa ini disebut Adhesi.

Dengan demikian Dari uraian diatas pengertian adhesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang tidak sejenis.

Partikel-partikel yang sejenis dalam zat padat membentuk suatu ikatan yang sangat kuat sehingga membentuk benda padat. Di dalam kayu atau besi terjadi gaya tarik-menarik antarpartikel sehingga membentuk ikatan yang kuat. Demikian juga pada zat cair, dalam suatu zat cair terjadi ikatan antarmolekul zat cair yang membentuk ikatan. Peristiwa ini disebut dengan kohesi.

Jadi pengertian kohesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang sejenis.

Kohesi yang terjadi dalam zat padat lebih kuat dibanding kohesi dalam zat cair, itulah sebabnya molekul-molekul zat padat lebih sukar dipisahkan dibanding molekul-molekul zat cair. Sedangkan kohesi yang palin lemah terjadi pada zat gas, sehingga zat gas sangat mudah dipisahkan.

Kayu dan cat merupakan dua zat yang wujudnya berbeda. Ketika cat dioleskan pada permukaan kayu, cat tersebut langsung menempel pada kayu dan setelah cat. mengering ikatan antar dua zat tersebut makin kuat. Hal ini disebabkan adanya gaya adhesi antara molekul-molekul kayu dengan molekul-molekul cat.


Contoh-contoh peristiwa adhesi

Pengertian Adhesi dan Kohesi Serta Contohnya


a. gaya tarik menarik antara cat dengan kayu, logam dan tembok
b. air diatas telapak tangan
c. susu tumpah di lantai
d. bercampurnya air dengan teh atau kopi
e. melekatnya tinta pada kertas
f. melekatnya air pada dinding pipa kapiler
g. melekatnya lem
h. magnet
i. garam yang larut
j. proses difusi
k. meniskus

Baca juga: Pengertian Meniskus dan macamnya

Contoh-contoh peristiwa  kohesi

a. tidak bercampurnya air dengan minyak
b. tidak melekatnya air raksa pada dinding pipa kapiler
c. air pada daun talas
d. Raksa pada termometer

Kesimpulan:

1. pengertian adhesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang tidak sejenis
2. pengertian kohesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang sejenis


Demikian artikel saya tentang Pengertian Adhesi dan Kohesi Serta Contohnya Lengkap semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging