8 Upaya Indonesia menjadi Negara Maju

Negara maju adalah negara yang menikmati  standar  hidup yang relatif tinggi dan ekonomi yang merata (pertumbuhan eknomi tinggi dan penduduk sejarah). Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menjadi negara maju. Upaya tersebut telah menunjukkan hasilnya walaupun masih harus terus dikembangkan. Beberapa upaya yang dilakukan Indonesia untuk menjadi negara maju adalah seperti berikut.

 8 Upaya Indonesia menjadi Negara Maju



1.  Peningkatan Pendapatan per Kapita
Dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah menargetkan pendapatan per kapita sebesar 7.000 dolar AS. Sementara itu, Bank Dunia menyebutkan bahwa pendapatan per kapita Indonesia pada tahun 2013 mencapai 3.475 dolar AS. Beberapa program yang dikembangkan pemerintah untuk peningkatan pendapatan adalah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), pengembangan usaha kecil dan koperasi, penyediaan infrastruktur di pedesaan. Baca juga: 8 pertempuran Untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia

2. Peningkatan Akses dan Kualitas Pendidikan
Indonesia sangat menyadari bahwa pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam pembangunan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menganggarkan 20% APBN untuk sektor pendidikan. Berbagai program tengah dilaksanakan untuk perluasan akses dan kualitas pendidikan. Perluasan akses pendidikan dilakukan dengan menambah jumlah kelas atau rombongan belajar dan pembangunan sekolah baru. Pemerintah juga memberikan bantuan operasional sekolah (BOS) dan berbagai jenis beasiswa. Dalam peningkatan kualitas pendidikan, pemerintah secara terus-menerus memberikan berbagai macam pelatihan bagi para pendidik. Dengan cara demikian, diharapkan kualitas para pendidik terus meningkat seiring dengan peningkatan kesejahteraan mereka.

Untuk menjamin terselenggaranya kegiatan pendidikan dengan baik, pemerintah menyediakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan berupa alat dan media pembelajaran, perpustakaan, laboratorium, dan lainlain. Pemerintah juga menerapkan program besiswa, sekolah gratis, dan proram wajib belajar untuk mempermudah akses memperoleh pendidikan bagi masyarakat.

3. Penguasaan Iptek
Negara maju sangat didukung oleh ilmu pegetahuan dan teknologi. Dengan Penguasaan iptek, pengelolaan sumber daya alam makin efisien dan memiliki nilai tambah yang sangat besar. Sayangnya, pembangunan di bidang iptek masih menghadapi banyak permasalahan seperti masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, kecilnya anggaran iptek, belum terjalinnya komunikasi antara pengembang untuk iptek dengan pengguna iptek khususnya industri.

Menghadapi berbagai persoalan tersebut, pemerintah berupaya mengembangkan iptek melalui berbagai program seperti peningkatan kualitas penelitian, pemberian insentif, percepatan alih teknologi, penguatan kelembagaan iptek, dan pemanfaatan sistem inovasi nasional. Pemerintah juga mengembangkan proses alih teknologi dengan melakukan kerja sama antarpemerintah melalui beasiswa pendidikan ke luar negeri, pengembangan kebijakan alih teknologi dengan perusahaan luar yang beroperasi di Indonesia, dan lain-lain.

4. Memperbanyak lapangan pekerjan
Dengan memperbanyak lapangan pekerjaan maka ekonomi negara indonesia akan tumbuh dan masyarakat akan sejahtera dan bebas dari pengangguran dan kemiskinan.

5.  Mengurangi dan memberantas korupsi
Dengan mengurangi dan emberantas korupsi maka negara indonesia tidak akan kehilangan uang yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

6. Meningkatkan kualitas ekonomi
Meningkatkan kualitas ekonomi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti pemanfaatan SDA dan SDM yang baik, Pembuatan pasar tradisional, memperbanyak para pengusaha dll. Semakin meningkat kualitas ekonomi suatu negara maka semakin maju juga negaranya.

7. Meningkatkan sarana dan prasarana transportasi
Indonesia harus memperbaiki sarana transportasi agar ekonomi negara makin berkembang terutama transportasi laut yang sangat berpotensi untuk mendatangkan banyak keuntungan karena laut indonesia yang sangat luas.

8. Menstabilkan keadaan politik
Dengan menstabilkan keadaan politik agar sama-sama memajukan bangsa maka negara indonesia akan semakin maju karena pihak-pihak politik tidak bertikai dan mementingkan kepentingan masing-masing.

Demikian artikel saya tentang  8 Upaya Indonesia menjadi negara maju semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.