Pengertian Susu UHT

Hallo agan...Pernahkah kalian membeli susu kotak kemasan dan kemudia melihat tulisan "susu UHT" tahukah kalian apa itu susu UHT? Untuk mengetahui baca urain dibawag gan!

Pengertian Susu UHT

Produk susu dibuat steril dengan memanaskan susu melalui proses yang dinamakan UHT yaitu singkatan dari Ultra High Temperatur. Proses ini bertujuan untuk menghancurkan mikroba dan bakteri yang ditemukan dalam susu, meningkatkan kualitasnya.

Pada dasarnya prinsip proses sterilisasi dapat dilakukan dengan berbagai kombinasi suhu dan waktu. Jika digunakan suhu yang tinggi, waktu sterilisasinya pun makin pendek.Diketahui bahwa kombinasi suhu yang lebih tinggi dan waktu pendek ini dapat memberikan keuntungan berupa mutu produk yang lebih baik. Karena itulah muncul konsep Sterilisasi High temperature short time (HTST) dan Ultra high temperature (UHT). Pada kodisi ini, sterilisasi dilakukan pada suhu 130o-1450 C tetapi hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Setelah susu disterilisasi maka tahap selanjutna adalah penegemasan.  Kemasan susu harus dalam wadah aseptik. Wadah ini kemudian disegel kedap udara, dimonitor untuk mikroba, dan didesinfeksi bila diperlukan.


Ketika susu dipanaskan, reaksi kimia terjadi yang dapat mengubah sifat fisik. Memanaskan susu dapat menyebabkan penurunan kadar pH, pengendapan kalsium fosfat dan denaturisation protein. Reaksi kimia dalam susu tidak sensitif temperatur, dan karena itu menggunakan proses ultra-tinggi suhu dan pendinginan dan pemanasan cepat teknik membantu untuk mengurangi jumlah reaksi kimia di dalam susu.

Nah sekarang sudah tahukan apa itu susu UHT.