Pengertian Lembah dan Contoh Lembah di Indonesia

Lembah adalah wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi sampai mencapai ribuan kilometer persegi. Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Selain berbentuk-U, lembah juga dapat berbentuk-V.

Lembah-lembah yang ada di indindonesia


Pengertian Lembah dan Contoh Lembah di Indonesia


1. Lembah Harau


Lembah Harau adalah daratan yang dikelilingi olah tebing-tebing yang tinggi. Kamu bisa menemukan pemukiman penduduk hingga persawahan, ada juga wisata lain seperti air terjun di Lembah Harau. Kamu harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Bukittingi, jika ingin mengintip keindahan lembah yang masuk dalam wilayah Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat tersebut.

2. Lembah Kijang

Lembah Kijang adalah padang rumput yang dikelilingi oleh pepohonan pinus yang rindang. Untuk sampai ke sana nggak mudah, butuh perjuangan dan harus siap merasakan lelah. Bagaimana tidak, Limbah Kijang berada di jalur pendakian Gunung Arjuna di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Lelah akan terbayar lunas, saat kamu melihat keindahannya dengan mata kepala sendiri.

3. Lembah Rama

Lembah Ramma adalah hamparan keindahan yang menjadi kebanggaan Sulwesi Selatan, tempatnya ada di Kabupaten Gowa. Sama seperti Lembah Kijang, kamu harus mendaki terlebih dahulu karena lokasinya beradi di Gunung Bawakaraeng. Banyak yang menjadikan Lembah Ramma sebagai tempat untuk berkemah karena suasananya begitu indah dengan bukit yang tinggi serasi dengan padang rumput dan sungai kecil yang mengalirkan air jernih

4. Lembah Baliem

Lembah Baliem berada di Tanah Papua, menyuguhkan keindahan berupa perbukitan hijau. Jika kamu berada di salah satu puncaknya, semilir angin dan luasnya lembah akan terukir jelas di memorimu dan akan selalu kamu ingat. Lokasi Lembah Baliem berada Pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1600 mdpl.

5. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu berada di di Boyolali, Jawa Tengah. Selain terkenal karena keindahannya, juga menjadi tempat bersejarah karena dulu digunakan sebagai basis pertahanan pasukan Jepang. Saat ini yang menjadi daya tarik utama adalah alam yang cantik dengan bukit-bukit tinggi. Lembah Gunung Madu juga digunakan sebagai tempat yang pas untuk melihat sunrise.

6. Lembah Anai

Lembah Anai adalah salah satu kawasan cagar alam di Sumatera Barat. Selain hutan belantara dan tebing-tebing yang tinggi, kamu bisa menjelajahi Lembah Anai untuk menemukan air terjun. Sebutan untuk air terjun itu juga Lembah Anai, kamu bisa melihat pemandangan yang keren di sana. Cipratan air yang terjun dari ketinggian 35 meter akan membuatmu serasa di Surga.

7. Lembah Biru

Lembah Biru berada di Gunung Malino Sulawesi Selatan. Jika kamu berangkat dari Makassar, harus menempuh perjalanan selama 5 jam. Rasa lelahmu akan segera terobati saat sampai di lokasi. Nikmati suguhan alam berupa perbukitan hijau dengan udara yang sejuk di Malino. Di tempat itu sudah ada berbagai fasilitas untuk para pengunjung seperti penginapan dan wahana wisata.

Demikian artikel dari saya tentang Pengertian Lembah dan Contoh Lembah di Indonesia semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Sumber: wikipedia dan travelingyuk. com