Kesulitan Jurusan IPA Tidak Masalah dengan Adanya Zenius

Hallo Agan...Pernah dengar Zenius? Jika belum saya jelasin sedikit tentang Zenius. Zenius Education didirikan oleh Sabda PS dan Medy Suharta pada 7 Juli 2007. Zenius Education menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik secara online melalui website (zenius.net), maupun secara offline dengan media CD dan DVD. Beberapa media startup Indonesia menyebutkan bahwa, Zenius hadir sebagai bentuk revolusi pendidikan di Indonesia dengan mengedepankan cara berpikir kritis, logis, rasional, dan pengetahuan sains yang terintegrasi terhadap semua pelajar Indonesia.


Nah setelah tahu sekilas tentang zenius saya mau berbagi pengalaman saya belajar bersama Zenius. Awalnya saya baru masuk SMA dan masuk jurusan IPA Karena konon katanya Jurusan IPA lebih menjanjikan, KATANYA! Nah setelah beberapa minggu masuk sekolah dan belajar di Jurusan IPA, Saya sudah mulai menggila menghadapi pelajaran-pelajarannya.  

Ternyata berat dan banyak tantangan jika masuk jurusan Ipa terutama bagi saya di mapel Matematika, Fisika, dan Kimianya yang kita sebut saja Mafia yang membuat otak saya menjerit ketakutan.  Angka, rumus, hapalan, angka dicampur huruf semuanya bikin stres. Ditambah Jam pelajaran yang dimulai dari 6.30-15.00 yang membuat badan bobrok, Praktikum untuk membuktikan yang sudah dibuktikan, serta tugas dan PR yang merajalela, WTF!!!

Jika di sekolah,  saya cenderung kurang paham dengan materi yang diajarkan guru terutama mapel Matematika, Fisika, dan kimia yang menurut saya sulit. Akhirnya karena tidak paham dengan apa yang dijelaskan ditambah tuntutan pemahaman yang banyak saya pun berinisiatif belajar secara Online karena menurut saya lebih praktis dan efisien.

Waktu surfing-surfing di google, nemulah saya website belajar yang namanya zenius.net. Tampilanya profesional dan meyakinkan menurut kacamata seorang blogger newbie seperti saya.  lalu saya memilih kolom SMA kelas 10 dan huwala ternyata sangat lengkap terutama untuk mapel Matematika, fisika, dan kimianya. Pelajaran SMA kelas 10

tampilan awal zenius.net
kumpulan materi kelas 10 yang tersedia di zenius.net

Saya pun pertama-tama membuka kolom Matematika dan BOOM sangat komplit ternyata bahkan  dilengkapi juga soal pembahasannya, WOW Amazing. Saya pun langsung tertarik untuk belajar online di zenius.net.




Saya pun membuka video pertama, Semua video materi pelajaran kebanyakan diawali dengan video pendahuluan materi dan pendahuluan memuat garis besar apa saja yang akan kita pelajari dan kadang ada juga untuk apa kita belajar materi tersebut yang membuka pikiran kita dan menarik kita untuk lanjut membuka video berikutnya.

Waktu saya membuka video berikutnya malah muncul emoticon nyengir menyebalkan yang ingin saya tonjok. Dia berkata jika video berikutnya hanya untuk member premium saja.

emoticon cengiran bikin emosi

Ternyata kita harus bayar untuk jadi member premium dan saya rasa wajar karena layanan yang diberikan oleh zenius.net sangat membantu.

Akhirnya saya mencari tahu cara menjadi premium member yaitu dengan cara membeli voucher zenius.net. Harga voucher zenius.net adalah sebagai berikut

Voucher Elektrik 1 bulan               Rp. 165.000
Voucher Elektrik 3 bulan               Rp. 220.000
Voucher Elektrik 6 bulan               Rp. 330.000
Voucher Elektrik 9 bulan               Rp. 407.000
Voucher Elektrik 12 bulan             Rp. 440.000

Harga segitu sangat murah dibanding manfaat yang didapat. Oleh karenanya untuk percobaan saya pesan voucher elektrik zenius yang 1 bulan.

Cara pemesanan vouchernya pun sudah dijelaskan oleh zenius dengan berbagai macam opsi pembayaran misalnya transfer bank, lewat indomart atau alfamart pun ok. Saya lebih memilih lewat indomaret karena lebih praktis. Untuk caranya bisa dibaca di: cara pesan voucher zenius di indomaret

Nah setelah saya beli dan menjadi premium member saya pun mulai belajar bersama Zenius.net. Pengajaran utama zenius adalah pengajaran berbasis video yang lebih mudah dipahami daripada tulisan. Tutornya memberikan penjelasan dengan bahasa yang gaul, asyik, serta mudah dipahami oleh anak jaman sekarang sehingga materi lebih meresap di otak.

Setelah saya belajar online di zenius.net prestasi saya pun mulai mengalami peningkatan, kita diajar hingga betul-betul paham suatu materi bukan sekedar cara cepat atau cara ajaib untuk menjawab  soal. Pembahasan soal di zenius juga sangat membantu mematangkan pemahaman. Bahkan saya lebih memilih buka zenius daripada buka buku pelajaran yang memusingkan sewaktu belajar.

Kini jurusan IPA yang berat bagi saya tidak terasa terlalu berat lagi, dan Matematika, fisika, kimia tidak terlalu sulit lagi karena di zenius kita akan diajar sedetil-detilnya dan apabila kurang paham pun kita bisa mengulang video sesuka kita.

Oh iya selain video pembelajaran zenius juga memiliki artikel-artikel edukatif, open mind, mindblow, serta kekinian yang  akan membuka wawasan serta pola pikir kita di zenius blog.
Disini gan kalau mau lihat artikel zenius blog: Blog Zenius Education

Selama saya menggunakan zenius ada juga beberapa kendala yang saya alami misalnya, video yang kadang error, suara tutornya jelas sih tapi kurang halus, kerap juga waktu sedang digunakan zenius log out sendiri, Oh iya zenius ini modelnya kan streaming video jadi harus siap kuota aja meskipun videonya ringan dan fast loading tapi di tempat saya suka ngadat mungki karena faktor internet saya, kita juga tidak bisa bertanya pada tutor tapi saya rasa kita tidak akan bertanya karena materinya sudah sangat lengkap. Gitu aja sih selebihnya mantap lah.

Jika Agan kesulitan belajar tapi tidak punya waktu untuk les, ingin belajar dimana saja dan kapan saja saya reccomend zenius aja gan, jangan berpikir males beli vouchernya  gan, tapi berpikirlah manfaat besar yang didapat. Janganlah bermental gratisan walapun yang gratis ada tapi tentunya tak seefektif yang premium.