Pengertian Bhineka Tunggal Ika dan Pentingnya Persatuan dalam Keanekaragaman

Hallo agan tentunya kita sering mendengar semboyan bhineka tunggal ika tahukah kalian apa artinya? dan apa relasinya bhineka tunggal ika dengan perstaun dalam keanekaragaman.

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika

Pengertian Bhineka Tunggal Ika dan Pentingnya Persatuan dalam Keanekaragaman
bhineka tnggal ika yang ada pada cengkeraman garuda


Kata Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara indonesia yang artinya walapun berbeda-beda tetapi tetap satu jua yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Kata tersebut berasal dari kitab Sutasoma karya Empu Tantular. Dalam kitab itu tertulis Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. Artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Selanjutnya kata Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia, yang tertulis pada lambang negara Burung Garuda Pancasila. Pada perisai dada Burung Garuda Pancasila terdapat gambar-gambar yang melambangkan sila-sila Pancasila. Burung Garuda Pancasila berwarna kuning emas menghadap ke samping kanan, mencengkeram pita yang bertuliskan semboyan negara.

Pentingnya Persatuan dalam Keanekaragaman

Ambillah sapu lidi dan coba patahkan! Sulit bukan? Apabila kita mematahkan sebatang lidi sangat mudah. Lidi yang banyak dan disatukan sulit dipatahkan. Ini berarti bahwa persatuan dapat menambah atau meningkatkan kekuatan. Warga masyarakat di lingkungan kita banyak dan beranekaragam. Agama, budaya maupun status sosial ekonominya bermacam-macam. Keanekaragaman ini tidak menghambat pergaulan. Mereka hidup berdampingan saling pengertian, saling membantu, saling menghormati dan selalu bekerja sama. Suasana seperti itu menciptakan kerukunan dan persatuan. Hal ini nampak pada kebiasaan warga masyarakat seperti iuran membangun jalan kampung, menjenguk tetangga sakit, mengadakan peringatan hari besar nasional dan sebagainya.

Persatuan sangat penting dalam hidup bermasyarakat yang beranekaragam.
Arti pentingnya persatuan dalam keanekaragaman, di antaranya adalah:
a. pergaulan antarwarga masyarakat terjalin akrab,
b. setiap ada perselisihan segera dapat diatasi,
c. pekerjaan berat dapat diselesaikan dengan cepat,
d. kehidupan di masyarakat serasi, tenteram dan damai, serta

e. meningkatkan kekuatan dan ketahanan masyarakat.

demikian artikel berjudul Pengertian Bhineka Tunggal Ika dan Pentingnya Persatuan dalam Keanekaragaman semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.