Pengertian Letak Astronomis, Geologis, dan Geografis Indonesia dan keutungannya

Letak astronomis Indonesia antara 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT. Dengan letak tersebut, Indonesia dilewati garis equator (00) atau disebut dengan garis khatulistiwa yang terletak di antara 00 LU - 23½0 LU dan 00 LS - 23½0 LS. Posisi ini menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang beriklim tropis. Seperti pada gambar di atas, terlihat hutan tropis yang ada di Indonesia. Di dalamnya banyak dihuni bermacam jenis flora dan fauna Asiatis.

Letak Indonesia dilihat dari 3 tinjuan dibagi menjadi 3 yaitu, letak astronomi, letak geologis,dan letak geostrategis. Apa yang dimkasud dengan letak astronomi, letak geologis,dan letak geostrategis?

Pengertian Letak Astronomis, Geologis, dan Geostrategis Indonesia
from: plusmedia, peta dunia


1. Letak Astronomis

Di manakah letak Indonesia? Bagaimanakah posisi Indonesia? Kita bisa melihatnya dengan melihat letak astronomis. Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah tropis, terbentang dari utara ke selatan antara 6°LU hingga 11°LS serta dari barat ke timur antara 95° BT hingga 141° BT.

Pada daerah ekuator, jarak satu derajad sama dengan 111 km. Semakin ke arah kutub jarak satu derajad semakin pendek, hingga angka nol kilometer di kutub. Berdasarkan peta di atas, panjang Indonesia dari ujung Barat ke ujung Timur adalah 46°. Jika dijadikan dalam satuan kilometer, maka panjang kepulauan Indonesia menjadi 46° × 111 km/° = 5106 km. Bandingkan dengan Benua Australia yang membentang dari Barat ke Timur sepanjang 40°. Pada ketinggian 30°LS, panjang setiap derajad tidak ada 111 km, tetapi hanya 96 km. Maka panjang Australia dari Barat ke Timur adalah 40° × 96 km/° = 3840 km.


2. Letak Geologis

Letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang ada pada bumi. Letak geologis wilayah Indonesia adalah sebagai berikut.

a. Indonesia merupakan bagian dari dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Pengunungan Mediteran dan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik.
b. Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer, yaitu lempeng Indonesia – Australia yang bertumbukan dengan lempeng Asia.
c. Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul dan Daerah Laut pertengahan Australia Asiatis.
Letak geologis inilah yang menyebabkan wilayah Indonesia banyak dijumpai gunung berapi, sehingga banyak wilayah di Indonesia yang kesuburannya cukup tinggi. Namun perlu disadari pula bahwa letak geologis yang demikian itu menyebabkan wilayah Indonesia rawan dengan bencana alam seperti gunung meletus dan gempa bumi.


3. Letak Geografis

Letak geografis adalah letak suatu wilayah sesuai dengan kondisi wilayah yang sebenarnya di permukaan bumi. Biasanya letak geografis dilihat dari permukaan bumi yang ada di sekitarnya. Secara geografis, Indonesia diapit oleh dua benua besar, yaitu Benua Asia di sebelah Barat Laut dan Benua Australia di sebelah Tenggara. Indonesia juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia di sebelah Barat dan Selatan dan Samudra Pasifik di sebelah Timur Laut. Itulah letak dan posisi negara kita.


Letak negara Indonesia pada posisi silang, menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang strategis. Dilalui oleh jalur perdagangan internasional baik melalui laut maupun udara. Keadaan ini tentu saja dapat memberikan keuntungan bagi negara kita pada masa damai tetapi memiliki posisi yang rawan pada saat terjadi konflik.

Demikian artikel dari saya tentang Pengertian Letak Astronomis, Geologis, dan Geografis Indonesia semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.