Pentingnya Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme

Selama 350 tahun bangsa Indonesia hidup di bawah penindasan kaum penjajah. Para penjajah berlaku tidak adil dan sewenang-wenang terhadap bangsa kita. Bangsa kita menjadi miskin dan menderita. Saat itu muncul para pejuang yang rela mengorbankan tenaga, harta, bahkan jiwa raga untuk menuntut keadilan dan kemerdekaan. Sikap kepahlawanan para pejuang memicu munculnya sikap patriotisme bagi rakyat Indonesia.

Pentingnya Memiliki Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme
image by:medanbagus
Sikap Kepahlawanan

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, tugas selanjutnya adalah berjuang mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Sikap kepahlawanan diwujudkan dengan sikap jujur, tanggung jawab, rela berkorban, berjuang dengan ikhlas, berani membela keadilan, dan kebenaran, serta tidak mudah putus asa. Setiap orang dapat menjadi pahlawan bagi dirinya, orang tuanya, temannya, serta bagi bangsa dan negaranya. Menjadi pahlawan bagi dirinya berarti melakukan hal-hal yang terbaik bagi diri sendiri, seperti rajin belajar, taat beribadah, giat bekerja, dan suka membantu. Menjadi pahlawan bagi orang tua berarti berbuat yang terbaik kepada orang tua, seperti menghormatinya, membantu meringankan pekerjaannya, dan menaati perintahnya.

Menjadi pahlawan bagi teman termasuk orang lain, yaitu bersikap jujur, berlaku adil dan benar serta memberi bantuan dengan ikhlas. Menjadi pahlawan bagi bangsa dan negara dapat ditempuh dengan berprestasi di bidangnya masingmasing. Misalnya siswa dan guru berprestasi di bidang pendidikan dan pengajaran, atlet berprestasi di bidang olahraga, dokter berprestasi di bidang kesehatan, polisi berprestasi di bidang ketertiban dan keamanan masyarakat, tentara berprestasi di bidang keamanan dan keutuhan wilayah negara, dan sebagainya. Sikap kepahlawanan harus terus dikobarkan. Menghindari sikap-sikap yang melemahkan seperti pemalu, malas, dengki, iri dan acuh tak acuh.

Patriotisme

Patriotisme artinya cinta tanah air. Sikap cinta tanah air membawa seseorang rela berkorban dan pantang menyerah dalam membela negara. Sikap patriotisme harus kita miliki dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dannegara, mencintai produksi bangsa sendiri serta bangga sebagai bangsa Indonesia. Sikap patriotisme dapat dikembangkan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat serta bangsa dan negara, misalnya sebagai berikut:

1. Siswa hidup rukun dengan anggota keluarga, teman, tetangga, dan anggota masyarakat lainnya.
2. Siswa gemar membantu korban bencana alam dengan ikhlas.
3. Dengan bangga siswa mengatakan “Aku Anak Indonesia”.
4. Siswa bangga menggunakan barang-barang buatan dalam negeri, seperti pakaian, alat-alat sekolah, perkakas rumah tangga, dan sebagainya.
5. Ikut menjaga kebersihan fasilitas umum, seperti poskamling, tempat ibadah, pasar, dan sebagainya.
6. Selalu aktif mengikuti upacara sekolah.

Demikian artikel berjudul Pentingnya Memiliki Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme semoga bisa bermanfaat agi agan sekalian.