Perkembangan Teknologi Komunikasi Masa Lalu dan Masa Kini

Setiap saat kita butuh berkomunikasi dengan orang lain. Berkomunikasi artinya menyampaikan maksud atau pesan kepada orang lain, dan memahami maksud atau keinginan orang lain. Cara berkomunikasi bisa langsung atau tidak langsung. Komunikasi langsung, yaitu berbicara langsung tatap muka. Pada saat berjauhan kita tidak dapat berbicara secara langsung. Untuk dapat berbicara atau berkomunikasi jarak jauh, kita memerlukan alat komunikasi.

1. Alat Komunikasi Masa Lalu

Alat komunikasi masa lalu antara lain kentungan, bendhe, bedug, dan surat.
Perkembangan Teknologi Komunikasi
a. Kentungan, yaitu alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga.
b. Bendhe, yaitu alat komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu.
c. Bedug, yaitu alat komunikasi terbuat dari kayu berongga, yang kedua sisinya tertutup kulit hewan.
d. Surat atau tulisan pada masa lalu menggunakan daun lontar atau daun nipah juga merupakan alat komunikasi.

2. Alat Komunikasi Masa Kini

Perkembangan Teknologi Komunikasi Masa Lalu dan Masa Kini


Alat komunikasi masa kini menggunakan media cetak dan media elektronik. Media cetak adalah alat komunikasi yang dicetak di atas kertas, misalnya : surat, surat kabar, majalah, e-mail, dan telegram. Media elektronik yaitu alat komunikasi selain media cetak yang memanfaatkan tenaga listrik, misalnya telepon, radio dan televisi.

a. Surat adalah alat komunikasi yang berupa tulisan di atas kertas. Jenisnya ada yang terbuka dan ada yang tertutup atau bersampul.
b. Surat kabar adalah media komunikasi berupa lembaran-lembaran kertas yang berisi berita atau pesan. Surat kabar yang terbit setiap hari disebut surat kabar harian.
c. Majalah adalah media komunikasi berupa buku yang berisi berita atau pesan. Majalah terbit secara berkala, ada yang terbit tiap satu minggu, tiap dua minggu, atau tiap bulan.
d. E-mail singkatan dari elektronik mail yang berarti surat elektronik. E-mail merupakan hasil pemanfaatan jaringan telepon yang dihubungkan dengan komputer dan fasilitas internet.
e. Telegram adalah sejenis surat yang berisi pesan amat singkat dan padat.
f. Telepon artinya berbicara jarak jauh. Berbicara jarak jauh menggunakan alat yang disebut pesawat telepon. Alat komunikasi ini ditemukan pertama kali oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1870. Sekarang ada dua jenis telepon, yaitu telepon kabel dan telepon seluler atau telepon genggam.
g. Radio merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyiarkan berita, hiburan dan pesan-pesan lainnya. Radio pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Italia bernama Marconi.
h. Televisi artinya melihat jarak jauh. Televisi adalah media komunikasi yang digunakan untuk menayangkan berita, hiburan, dan pesanpesan yang dapat didengar dan dilihat. Pesawat televisi ditemukan tahun 1926 oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama John Logie Baird.

3. Cara Berkomunikasi pada Masa Lalu

Cara berkomunikasi pada masa lalu dilakukan secara langsung. Seseorang menyampaikan pesan atau pemberitahuan dengan bertemu atau bertatap muka. Jika ada pesan atau pemberitahuan untuk orang banyak, maka orang-orang yang dimaksud harus dipanggil untuk berkumpul. Panggilan dilakukan dengan membunyikan bendhe.Setelah berkumpul mereka diberi penerangan. Warga muslim memberi tahu bahwa waktu salat telah tiba dengan membunyikan bedug. Seseorang menyampaikan pesan atau pemberitahuan tentang kewaspadaan, situasi aman atau bahaya kepada warga masyarakat dengan membunyikan kentongan. Informasi atau pemberitahuan ada yang disampaikan secara tertulis. Pada masa lalu pemberitahuan ditulis di atas daun lontar atau daun nipah. Jika akan menyampaikan kepada orang yang berada di tempat jauh, biasanya diantar dengan berjalan kaki atau naik kuda.

4. Cara Berkomunikasi pada Masa Kini

Pada masa kini berkomunikasi bisa dilakukan secara langsung atau menggunakan alat komunikasi, tergantung situasi dan kondisinya.

a. Secara Langsung
Berkomunikasi secara langsung artinya hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain langsung bertatap muka. Pesan atau informasi disampaikan dengan diterima langsung pada saat itu tanpa melalui perantara.

b. Menggunakan Alat atau Media Komunikasi
Pada masa kini alat komunikasi atau media komunikasi semakin berkembang dan canggih. Hal ini memengaruhi cara masyarakat
berkomunikasi. Adapun media dan cara berkomunikasi antara lain sebagai berikut.

1) Surat dan telegram
Pesan atau berita dapat ditulis di atas kertas surat, kemudian dikirim kepada orang yang dituju. Surat dikirim melalui kantor pos. Beaya pengiriman surat berupa perangko yang ditempel pada sampul surat sebelah kanan atas. Berita yang sangat mendesak dan penting, biasanya dikirim melalui telegram.

2) Surat kabar dan majalah
Surat kabar dan majalah memuat berita atau informasi mengenai peristiwaperistiwa yang terjadi di berbagai daerah. Dengan membaca surat kabar dan majalah, kita akan mengetahui peristiwaperistiwa tersebut. Di samping itu juga dapat menambah pengetahuan dan hiburan.

3) Telepon
Cara berkomunikasi menggunakan telepon cukup dengan menekan atau memutar nomor-nomor yang kita kehendaki. Dalam waktu singkat kita dapat berbicara dengan orang yang dikehendaki. Pembicaraan yang dilakukan dalam satu kota menggunakan telepon lokal, sedangkan antarkota menggunakan telepon interlokal. Dengan teknologi satelit komunikasi, kita dapat berhubungan dengan orang di negara lain melalui sambungan langsung jarak jauh (SLJJ). Selain itu dengan menggunakan sambungan telepon, kita juga dapat mengirim berita lewat faksimile.

4) Radio
Berita, pesan, dan hiburan dari pusat atau daerah dapat dikomunikasikan dengan menggunakan pemancar radio. Jika kita menginginkan berita, pesan dan hiburan tersebut, harus memiliki pesawat radio. Agar seluruh warga negara dapat dengan mudah mendapatkan informasi, pemerintah dan swasta membangun stasiun-stasiun pemancar radio. Dengan pesawat radio kita dapat mengetahui berita-berita tentang perkembangan daerah-daerah di seluruh tanah air, bahkan seluruh dunia.

5) Televisi

Melalui tayangan pesawat televisi, kita memperoleh berbagai informasi, pesan dan hiburan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Peristiwa yang terjadi di negara kita atau negara lain, pada saat yang sama dapat kita saksikan dengan jelas di layar televisi. Setelah dibangun Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa, perluasan jaringan penyiaran televisi menjadi makin luas. Stasiun televisi telah dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah maupun swasta. Stasiun televisi yang dibangun pemerintah diberi nama Televisi Republik Indonesia (TVRI). Sedangkan stasiun televisi yang dibangun swasta memiliki nama tersendiri, antara lain: Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), Andalas Televisi (ANTV), Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Indosiar, Surya Citra Televisi (SCTV), TV One, Jogja TV, TATV, TV 7, Metro TV, Global TV dan sebagainya.

Demikian artikel berjudul Perkembangan Teknologi Komunikasi Masa Lalu dan Masa Kini semoga bisa bermanfaat.