Perkembangan Teknologi Produksi Masa Lalu dan Masa Kini

Makan merupakan kebutuhan kita sehari-hari. Salah satu makanan pokok kita adalah nasi. Nasi semula berupa padi adalah produk pertanian. Untuk dapat memproduksi padi diperlukan teknologi. Maksudnya adalah teknik atau cara mengolah tanah pertanian sehingga menghasilkan padi.

Perkembangan Teknologi Produksi Masa Lalu dan Masa Kini


Teknologi Produksi Masa Lalu

Pernahkah kalian melihat petani bekerja di sawah? Alat apa yang mereka gunakan untuk mengolah sawah? Pada masa lalu petani mengolah tanah pertanian menggunakan alat yang sederhana, seperti cangkul dan bajak yang ditarik kerbau atau sapi. Mulai dari menanam, mengairi, dan mengobati tanaman padi dilakukan dengan tenaga manusia. Setelah buah padi tua dipetik dengan ani-ani atau sabit. Untuk menjadikan beras, padi itu ditumbuk menggunakan antan dan lesung atau lumpang.

Proses produksi seperti ini melelahkan dan berlangsung lama. Karena pengerjaannya menggunakan tenaga hewan dan manusia, tanah pertaniannya terhindar dari pencemaran bahan bakar.

Teknologi Produksi Masa Kini

Pada masa kini alat-alat produksi pertanian mengalami kemajuan. Petani mengolah tanah sawah memanfaatkan tenaga mesin. Mereka membajak sawah menggunakan traktor. Pengairan sering menggunakan air tanah yang disedot dengan mesin pompa air. Setelah padi tua dipanen dengan mesin pemotong, dan langsung dijadikan gabah dengan mesin perontok atau tleser. Selanjutnya gabah diangkut ke mesin penggilingan untuk dijadikan beras.


Proses produksi seperti ini ada keuntungan dan kerugiannya. Keuntungannya, yaitu pekerjaan cepat selesai dan petani tidak cepat lelah. Kerugiannya, yaitu tanah pertanian tercemar oleh bahan bakar traktor.

Demikian artikel berjudul Perkembangan Teknologi Produksi Masa Lalu dan Masa Kini semoga bisa bermanfaat.