Sikap Rela Berkorban Dalam Kehidupan sehari-Hari

Hallo agan...Para pejuang rela mengorbankan harta benda, tenaga, bahkan seluruh jiwa raganya. Berkat pengorbanan para pahlawan tersebut kita sekarang dapat menikmati kemerdekaan. Kita wajib meneruskan dan mencontoh perjuangannya, dengan cara rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari di berbagai lingkungan. Rela berkorban artinya bersedia dengan ikhlas, dan tidak mengharapkan imbalan untuk kepentingan orang lain. 

Sikap Rela Berkorban Dalam Kehidupan sehari-Hari


a. Rela Berkorban di Lingkungan Keluarga

Setiap anggota keluarga rela berkorban demi keluarganya, seperti orang tua bekerja mencari nafkah, mendidik dan mengasuh anak. Anak berbakti dan membantu orang tua tanpa pamrih, dan sebagainya.

b. Rela Berkorban di Lingkungan Sekolah

Para warga sekolah rela berkorban demi kemajuan sekolahnya, seperti guru mengajar di luar jam pelajaran tanpa mengharapkan imbalan, murid kerja bakti membersihkan halaman sekolah, menyumbang buku perpustakaan, membantu temannya yang kena bencana dan sebagainya.

c. Rela Berkorban di Lingkungan Masyarakat

Demi kesejahteraan para warga masyarakat rela berkorban, misalnya kerja bakti memperbaiki jalan, membangun tempat ibadah, mengadakan ronda malam, membantu korban bencana alam, mendirikan dapur umum, menyelenggarakan posyandu, dan sebagainya.

d. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara


Setiap warga negara siap dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, misalnya mengikuti upacara hari besar nasional, membayar berbagai macam pajak, bersedia ditugaskan di mana saja, merelakan tanahnya untuk proyek pembangunan negara, dan sebagainya.

Demikian artikel berjudul Sikap Rela Berkorban dalam kehidupan sehari-hari semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.