4 Bukti Pengaruh Globalisasi di Masyarakat

Hallo agan...Globalisasi adalah suatu proses yang menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah, artinya setiap individu dapat terhubung dan saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui media elektronik maupun cetak. 

4 Bukti Pengaruh Globalisasi di Masyarakat

Arus globalisasi yang melanda masyarakat kita telah terasa dampaknya dalam kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan handphone, komputer, mobil, baju dan makanan yang sama dengan masyarakat di berbagai negara lain merupakan bukti adanya dampak globalisasi terhadap kehidupan masyarakat. Dengan demikian seolah-olah tidak ada batas antara negara satu dengan negara lainnya. Sebenarnya banyak bukti-bukti dampak globalisasi yang ada, berikut ini ada beberapa yang bisa kita lihat di sekitar kita. 
Baca juga: 6 pengaruh globalisasi terhadap perilaku masyarakat

1. Media Cetak dan Elektronik
Dengan adanya media cetak dan elektronik, produsen dengan mudah memberikan informasi suatu produk kepada konsumen. Media cetak itu meliputi surat kabar, majalah, tabloid, selebaran iklan, dan lain-lain. Sedangkan media elektronik antara lain televisi, radio, dan internet. Di era globalisasi ini, membuat iklan untuk memperkenalkan produk menjadi sangat penting agar masyarakat mengenal produk yang ditawarkan.

Di dalam persaingan antar produsen, periklanan berperan penting dalam menunjang keberhasilan penjualan suatu produk. Di antaranya dengan menggunakan artis sebagai bintang iklan. Cara ini lebih efektif karena masyarakat lebih dahulu mengenal artis yang membawakan produk tertentu. Tengoklah televisi yang menayangkan berbagai iklan dengan dibintangi seorang atau beberapa artis terkenal.

2. Pariwisata
Dampak lain yang timbul dari arus globalisasi adalah gencarnya informasi mengenai pariwisata melalui teknologi komunikasi yang ada. Wisatawan mancanegara banyak berdatangan ke negara kita untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Indonesia. Bahkan tidak hanya kawasan wisata yang merasakan dampaknya, penduduk sekitar kawasan pun telah merasakan manfaatnya, mulai dari peningkatan pendapatan yang mereka terima hingga lapangan kerja yang tersedia. Ini merupakan dampak positif dari adanya pengaruh globalisasi.

Tahukah kamu, bahwa dengan adanya wisatawan mancanegara ini, menambah pendapatan negara kita? Para wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan budaya yang ada di negara kita ini, telah memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat dan negara kita.

Di era globalisasi ini, masyarakat luas bisa mengetahui apa saja yang ada di luar sana, misalnya tempat wisata yang indah seperti Bali, Lombok, dll.  Dengan kemajuan komunikasi, transportasi dan informasi serta semakin maraknya pembangunan lembaga-lembaga pendidikan pariwisata di seluruh Inodensia, diharapkan dapat mempersiapkan SDM yang lebih baik serta membuka peluang yang luas untuk bekerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan di luar negeri, terutama antara antara DTW dengan negara-negara yang potensial.

 Adapun beberapa hal yang dapat menjadi peluang bagi pengembangan pariwisata saat ini, antara lain adalah: pertama, turunnya nilai mata uang rupiah terhadap dollar, dapat memicu meningkatnya jumlah wisatawan. Kedua, adanya kecenderungan pihak wisawan asing dewasa ini untuk berwisata dalam dimensi tradisonal, seperti mengunjungi desa-desa yang memiliki keunikan baik untuk sekedar mengunjungi maupun untuk wisata ilmiah . Ketiga, jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya lebih dari 200 juta.

Adapun tantangannya adalah, Pertama, adanya berita-berita tantang kerusuhan, kebakaran hutan, dan kondisi lain yang kurang baik di Indonesia cukup menjadi komoditas yang laku dijual oleh negara-negara yang kurang senang dengan Indonesia.  Hal ini merupakan tantangan bagi Indonesia untuk segera menciptakan keamanan.  Kedua, sistem informasi yang kurang memadahi juga tantangan yang perlu mendapat perhatian serius dalam pengelolaan pariwisata. Ketiga, masalah SDM merupakan tantangan yang cukup berat bagi pengembangan pariwisata, karena SDM sangat menentukan segala sesuatu yang perhubungan dengan pariwisata. 



3. Migrasi
Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Alasan penduduk untuk bermigrasi bisa bermacam-macam. Ada yang ingin memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di tempat lain hingga akhirnya menetap, dan ada pula yang sementara untuk keperluan belajar atau bisnis. Perpindahan penduduk ini ditunjang dengan kemudahan teknologi transportasi yang semakin maju dan angkutan yang memadai.

Dampak Positif : 
1. Daerah itu menjadi lebih terkenal, baik di kalangan daerah, negara maupun internasional (Pariwisata) 
2. Berkurangnya tingkat pengangguran karena lapangan pekerjaan banyak di bidang pariwisata 
3. Jarak antar satu tempat dengan tempat lain semakin dekat (Transportasi) 
4. Perjalanan menjadi lebih efisien dengan menggunakan kendaraan modern (Transportasi) 

Dampak Negatif : 
1. Nilai-nilai tradisional yang semakin terlupakan dengan adanya globalisasi (Macam kendaraan tradisional gitu) 
2. Bertambahnya volume kendaraan (Transportasi) 
3. Banyak orang meninggalkan pekerjaan tradisional seperti petani untuk bekerja di bidang pariwisata (Pariwisata) 
4. Lahan berkurang karena digunakan untuk fasilitas pariwisata

4. Telekomunikasi
Kita mungkin pernah menggunakan Internet, untuk sekadar chating, mengirim email atau bermain games dengan orang di tempat yang jauh bahkan tidak kita kenal sekalipun. Dengan teknologi internet, kita mengenal teleconfrence yang memungkinkan seseorang yang saling berjauhan bisa bertatap muka. Perkembangan teknologi melalui satelit memberikan peran berarti untuk kemajuan telekomunikasi. Pengertian telekomunikasi itu sendiri adalah komunikasi yang dilakukan dari jarak jauh.

Ternyata banyak sekali dampak yang bisa dirasakan dalam kehidupan masyarakat kita. Kenyataan ini membuktikan bahwa pengaruh globalisasi ini memberikan manfaat yang besar bagi kita, walaupun tak dipungkiri pula ada dampak negatif yang ditimbulkannya. yang kita harus lakukan adalah ambil baiknya dan hindari buruknya.

Demikian artikel 4 Bukti Pengaruh Globalisasi di Masyarakat semoga bermanfaat.

Sumbur: wikipedia dan buku ips kelas 6