Alasan Berdirinya Perusahaan Asing serta Keuntungan dan Kerugiannya

Perusahaan Asing adalah foreign corporation yaitu perusahaan yang sebagian atau seluruh kepemilikan saham tersebut dimilki oleh pihak asing atau yang dalam usahanya dan kenyataannya bertujuan memindahkan sebagian atau seluruh keuntungannya ke luar negeri.

Contoh perusahaan asing adalah Perusahaan Internasional. Perusahaan ini mungkin memiliki kantor pusat di satu tempat, tetapi memiliki kantor cabang di setiap negara. Ada banyak alasan mengapa sebuah perusahaan akan memilih untuk perdagangan internasional terlepas dari ekspansi pasar sederhana.

Perusahaan internasional dapat mengambil keuntungan dari celah dalam undang-undang pajak daerah untuk mentransfer keuntungan dari satu negara ke negara lain dan dengan demikian menghindari membayar pajak atau dikenakan pajak pada tingkat yang sangat rendah.


Tidak dipungkiri pula, arus globalisasi yang melanda mendorong masuknya perusahaan asing ke Indonesia. Perusahaan asing adalah perusahaan yang dimiliki oleh negara lain dan menjalankan usahanya di Indonesia. Sebagian saham yang dimiliki perusahaan asing ini dimiliki oleh negara asalnya dan sebagian lagi milik pengusaha Indonesia. Bersama mereka menjalankan perusahaan ini sesuai kesepakatan bersama dan pemerintah mengatur hal ini untuk kepentingan bersama.

Alasan Berdirinya Perusahaan Asing serta Keuntungan dan Kerugiannya
kompas
Pemerintah berperan dalam membuat kebijakan untuk masuknya perusahaan asing. Ini penting agar Bangsa Indonesia turut menikmati kekayaan alam yang dikelola perusahaan asing.

Alasan Berdirinya Perusahaan Asing
Berdirinya perusahaan asing di Indonesia tentu ada alasan tersendiri. Tentu saja alasan utamanya untuk mendapatkan keuntungan. Namun ada baiknya kita lihat beberapa faktor lainnya.

1. Kekayaan alam Indonesia yang melimpah
Kurangnya kemampuan bangsa Indonesia mengelola kekayaan alam yang ada mendorong perusahaan asing menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan kemajuan teknologi yang dimilikinya, perusahaan asing tersebut mampu mengolah kekayaan alam Indonesia secara maksimal.

2. Kebutuhan konsumen yang besar
Jumlah penduduk Indonesia yang demikian banyak menjadikan motivasi tersendiri untuk berdirinya perusahaan asing di Indonesia. Kebutuhan masyarakat akan suatu produk, mendorong pengusaha asing dan nasional untuk bekerja sama menciptakan perusahaan. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi pendirinya karena permintaan yang besar dari masyarakat akan produk yang dihasilkan.

3. Tenaga kerja yang murah
Tingkat pendidikan masyarakat kita pada umumnya masih rendah. Kebanyakan penduduknya hanya sampai lulusan sekolah menengah. Hal ini tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang perlu tenaga–tenaga ahli di bidang tertentu. Ini mengakibatkan banyaknya pencari kerja dan menciptakan persaingan dalam memperoleh pekerjaan. Persaingan ini pula yang menyebabkan murahnya upah kerja karena tidak adanya tawar menawar upah. Upah yang murah dan tenaga kerja yang banyak mampu menekan biaya produksi perusahaan. Ini menguntungkan perusahaan karena dengan biaya yang relatif murah, perusahaan bisa menjual produk yang dihasilkan dengan harga yang mahal.

4. Stabilitas Keamanan yang memadai
Kebijakan pemerintah dalam bidang keamanan sangat mendukung bertahannya perusahaan asing di Indonesia. Dengan terciptanya keamanan, menjadikan perusahaan asing ini dengan nyaman menjalankan perusahaannya. Keamanan di negara kita yang stabil mendorong perusahaanperusahaan asing dari negara lain untuk ikut menanamkan sahamnya di negara kita. Kita tentu tahu tidak mungkin ada negara yang mau menanamkan modalnya di negara yang terjadi gangguan keamanan. Disinilah peran penting pemerintah untuk menciptakan penegakan hukum yang tegas bagi setiap pelanggar hukum. Penegakan hukum ini berlaku bagi semua masyarakat Indonesia dan tidak terkecuali warga asing yang datang ke Indonesia.

Keuntungan dan Kerugian Beroperasinya Perusahaan Asing
 Perusahaan asing yang berdiri di indonesia menyebabkan kerugian dan keuntungan apa saja itu?

Keuntungan berdirinya perusahaan di indonesia
Banyak keuntungan yang diperoleh dari berdirinya perusahaan asing antara lain:

Dengan beroperasinya perusahaan asing di Indonesia, memberikan beberapa keuntungan bagi Bangsa Indonesia. Keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

1) Mengurangi pengangguran
Sebagaimana telah kita ketahui, kebutuhan masyarakat Indonesia akan pekerjaan sangat tinggi sementara lapangan kerja yang tersedia sedikit. Ini menyebabkan banyaknya pengangguran di Indonesia. Dengan adanya perusahaan asing, tentu membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menjalankan roda perusahaan. Perusahaan asing tersebut menyerap pengangguran yang ada pun dapat dikurangi. Hal ini juga meringankan tugas pemerintah dalam menangani tingkat pengangguran di Indonesia.

2) Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Pengangguran yang semakin berkurang, dan penghasilan yang didapat dari hasi bekerja ini meningkatkan daya beli masyarakat untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Terkadang banyak alat-alat rumah tangga yang tidak terdapat dari dalam negeri sehingga harus diimpor dari luar yang berharga mahal. Tetapi dengan adanya perusahaan asing yang menyediakan kebutuhan rumah tangga tersebut, biaya yang dikeluarkan untuk membeli bisa dihemat sehingga kelebihan uang bisa dipakai untuk kebutuhan yang lain. Dengan beroperasinya perusahaan asing di Indonesia bisa membatasi masuknya barang-barang impor sehingga kita tidak terlalu tergantung pada barang hasil impor karena bisa memproduksi sendiri. Dengan demikian perekonomian kita semakin kokoh, dan meningkatkan kesejateraan masyarakat.

3) Pemanfaatan kekayaan alam secara maksimal
Kekayaan alam Indonesia begitu melimpah, sehingga bukan tidak mungkin pemanfaatannya kurang maksimal. Dengan masuknya perusahaan asing yang membantu mengeksplorasi kekayaan alam ini, maka bisa dirasakan manfaatnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia sendiri. Perusahaan nasional mungkin memerlukan bantuan pengadaan alat-alat berat dan alat untuk mengeksplorasi kekayaan yang tersedia, oleh karenanya pengusaha nasional bekerja sama dengan pengusaha asing. Contoh perusahaan yang ada di Indonesia adalah PT Caltex yang bergerak dalam bidang pengeboran minyak dengan teknologi canggih.

4) Penerapan teknologi
Perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia biasanya merupakan perusahaan besar yang sudah ada di negara asalnya. Mereka memiliki beberapa perusahaan yang sejenis di negara lain sehingga disebut perusahaanmultinasional. Perusahaan asing yangbermodal besar ini memiliki teknologi tinggi dan canggih. Tenaga kerja Indonesia yang bekerja di perusahaan asing ini kemudian dididik dan dilatih agar mampu menerapkan teknologi yang mereka bawa di kemudian hari.

Kerugian akibat berdirinya perusahaan asing
selain keuntungan berdirinya perusahaan asing di indonesia juga mengakibatkan kerugian. Apa saja itu simak penjelasan di bawah ini!

1) Lingkungan yang tercemar
Tidak sepenuhnya keberadaan perusahaan dan industri yang berkembang di Indonesia membawa keuntungan. Ada pula dampak buruk yang ditimbulkannya yaitu pencemaran lingkungan. Limbah yang dihasilkan dari perusahaan seringkali tidak melalui proses pengolahan limbah. Limbah yang masih tercemar itu dibuang ke sungai sehingga mencemari air sungai dan lingkungan sekitar yang dilalui sungai itu. Begitu pula dengan asap hasil pembakaran limbah ini akan mencemari udara. Beberapa bentuk pencemaran tersebut antara lain pencemaran air, pencemaran udara, serta pencemaran suara akibat kebisingan yang ditimbulkan dari pabrik-pabrik ataupun kendaraan bermotor. Salah satu alasan negara maju mendirikan perusahaan di negara berkembang seperti Indonesia ini adalah karena tidak ingin negaranya terkena dampak pencemaran yang ditimbulkan dari hasil industri.

2) Perubahan fungsi lahan
Perusahaan asing yang berdiri di Indonesia adalah perusahaan yang besar dan untuk mendirikannya perlu lahan yang luas pula. Karenanya untuk keperluan pendirian perusahaan inilah lahan pertanian yang luas berubah menjadi bangunan dan pusat perindustrian. Ini mengakibatkan lahan pertanian semakin menyempit.

3) Hasil kekayaan alam tidak dinikmati sepenuhnya
Walaupun negara kita kaya akan kekayaan alamnya namun jika tidak dikelola secara maksimal kurang bisa dirasakan manfaatnya. Berdirinya perusahaan asing mungkin bisa memaksimalkan pengolahan kekayaan alam yang ada tetapi hasilnya tidak sepenuhnya bisa dinikmati oleh bangsa kita. Sebagian besar dinikmati perusahaan asing yang mengelolanya padahal kekayaan alam ini milik bangsa kita dan seharusnya bangsa kitalah yang bisa lebih banyak menikmati kekayaan ini.

Demikian artikel berjudul Alasan Berdirinya Perusahaan Asing serta Keuntungan dan Kerugiannya semoga bermanfaat.

Sumber: buku ips kelas 6
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging