Cara Menyikapi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Hallo agan...Keanekaragaman suku bangsa dan budaya merupakan modal pembangunan bangsa. Persatuan dan kesatuan harus selalu kita tegakkan di bumi Indonesia. Masih ingat kah agan arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika? artinya adalah Walaupun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap satu juga. Indonesia merupakan negara dengan banyak sekali suku, agama, budaya yang harus kita tahu, pahami, hormati dan lestarikan.

Cara Menyikapi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Semboyan tersebut jangan hanya menjadi hiasan belaka ataupun omong kosong. Kamu harus mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara yang bisa kamu lakukan adalah bangga menjadi bagian bangsa Indonesia. Kamu harus bangga terhadap budaya daerahmu. Caranya, harus saling menghormati dan menghargai sesama suku bangsa. Jangan merasa sombong dan tinggi hati terhadap suku bangsa lain karena hanya akan menimbulkan perpevahan saja. Nah, sebagai tindak lanjutnya kamu harus berusaha melestarikan warisan budaya dan adat istiadat daerahmu.

Sudahkah kamu mengenal peninggalan budaya di daerahmu? Apa saja bentuk warisan budaya yang ada di daerahmu? Peninggalan budaya merupakan warisan nenek moyang. Kita harus tetap menjaganya dengan baik. Peninggalan budaya itu harus diwariskan kepada generasi berikutnya. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melestarikan budaya bangsa. Misalnya mempelajari tari daerah. Kamu bisa menampilkannya pada saat pentas perpisahan sekolah. Belajar mendalang, bernyanyi lagu khas dan masih banyak hal lainnya intinya hormati dan lestarikan jangan sampai hilang dan di klaim negara lain.

Demikian artikel berjudul Cara Menyikapi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.