3 Fungsi Pakaian Berdasarkan Syariat Islam

Pakaian memiliki kedudukandan fungsi penting dalam islam. Kedudukan pakaian dalam islam yaitu esbagai salah satu sarana untuk mengangkat derajat, harkat, dan martabat manusia, baik di sisi Allah maupun di sisi manusia lain. Adapun 3 fungsi utama pakaian dalam islam antara lain sebagai berikut:


3 Fungsi Pakaian Berdasarkan Syariat Islam

1. Pakaian sebagai penutup aurat
Fungsi yang pertama dari pakaian menurut islam adalah untuk menutup aurat. Menjaga aurat berarti menjaga kehormatan dan martabat diri. Memperlihatkan aurat dan tidak bisa menjaganya dengan baik berarti orang tersebut telah merusak kehormatannya. Pakaian untuk menutup aurat dijelaskan dalam surat al-araf ayat 26

"Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah sebagai perhiasan. Sedangkan pakaian takwa itulah yang lebih baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat." (Qs. al-A'raf: 26)

Penjelasan ayat diatas adalah diciptakannya pakaian agar manusia dapat menutup auratnya karena aurat adalah aiba atau cela yang tidak pantas kita perlihatkan kepada orang lain kecuali pada pasangannya yang halal dan mahramnya. Orang yang sengaja memperlihatkan dan melihat aurat hukumnya haram dan berdosa.


2. Pakaian sebagai Penghias diri
Fungsi pakaian yang kedua adalah sebagai penghias diri agar penampilan menjadi lebih rapi dan indah. Fungsi pakaian yang kedua ini juga dijelaskan dalam surat al-araf ayat 26 dengan kata-kata وَرِيشًا yaitu sebagai perhiasan atau menghias diri supaya terlihat rapi dan indah.

Seseorang bisa tampil lebih menarik jika mengenakan pakaian yang tepat.  Ditambah lagi dengan aksesoris pakaian dan juga ditunjang dengan perbaikan penampilan diri dapat meningkatkan daya tarik seseorang di mata orang-orang yang ada di sekitarnya.

Ingin Berpenampilan rapi dan indah merupakan sifat dari setiap manusia. Allah SWT adalah zat yang sangat indah serta mencintai keindahan. Oleh karena itu mari berpenampilan rapi, baik, bersih dan indah sesuai pepatah kebersihan sebagian dari iman karena orang yang beriman selalu bersih.


3. Pakaian sebagai pelindung badan
Fungsi pakaian yang ketiga adalah sebagai pelindung badan dari segala sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya melindungi badan dari teriknya sinar matahari, dinginnya malam sehingga kita tidak terkena flu, gigitan serangga berbahaya, pelindung dari serangan musuh dan hal lainnya.Tubuh yang tidak tertutupi pakaian dengan baik bisa mudah terkena penyakit dan juga lebih mudah kotor.  Tentu saja pakaian yang digunakan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan yang ada sehingga tubuh terlindungi secara maksimal. Hal ini dijelaskan dalam surat an-Nahl ayat 81

Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).     

demikian artikel berjudul 3 Fungsi Pakaian Berdasarkan Syariat Islam semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian yang sedang mencari informasi tersebut.