Daftar Film DC Extended Universe (DCEU) yang sudah dirilis Hingga Kini

DC Extended Universe (DCEU) adalah franchise dan shared universe tentang film superhero yang didistribusikan oleh Warner Bros Picture berdasarkan karakter dalam DC comic. DCEU dikhususkan untuk live-action movies, yang diproduksi oleh DC Comics dan didistribusikan oleh Warner Bros (dan anak perusahaannya New Line Cinema), perusahaan tersebut memiliki hak atau lisensi penuh atas franchise DC. Oleh karena DC Comics mengambil jalur yang sedikit berbeda dgn pesaingnya Marvel dalam menerapkan konsep semestanya, dimana DC langsung mempertemukan dua bahkan tiga superhero utama dalam satu scene sekaligus sebelum menjadi satu kelompok superhero, dan yg paling mencolok lagi dari DCEU ini nuansanya yg kelam juga lebih serius, dan hal ini pulalah yg menjadi upaya DC Comics dalam mengejar ketertinggalan jauh dengan pesaingnya yang sudah membangun universe-nya terlebih dahulu sejak tahun 2008.

Menariknya, semesta yang dibangun akan menggunakan konsep serius dan realistis dengan cerita yang kelam, sangat bertentangan dengan konsep MCU. Nuansa kelam dan serius dalam DCEU terinspirasi dari trilogy Batman buatan Christoper Nolan.
Berikut ini merupakan daftar film DCEU Yang sudah dirilis dari awal hingga kini.

1. Man of Steel (2013)

Merupakan film pertama yang menjadi pondasi DCEU. Man of Steel adalah film pahlawan super Amerika tahun 2013 yang disutradarai oleh Zack Snyder, diproduseri oleh Christopher Nolan, dan ditulis oleh David S. Goyer. Film ini menceritakan karakter DC Comics, Superman. Bintang film Henry Cavill yang berperan sebagai Superman dalam film bermain bersama Amy Adams sebagai Lois Lane, Michael Shannon sebagai Jenderal Zod, Diane Lane sebagai Martha Kent, Kevin Costner sebagai Jonathan Kent, Laurence Fishburne sebagai Perry White, dan Russell Crowe sebagai Jor-El. Man of Steel dimaksudkan untuk meluncurkan karakter fiksi alam semesta bersama DC Comics pada film.
Pemutaran perdana Man of Steel di AS dihadiri oleh para pemeran utamanya di New York City pada 10 Juni 2013. Film ini dirilis untuk umum pada 14 Juni 2013, secara konvensional, 3Ddan teater IMAX.
Man of Steel bercerita tentang origin atau asal muasal superman dari awal kehancuran planet krypton hingga pertarungan super epic superman alias clark kent melawan General Zod dan antek-anteknya yang ingin mengubah bumi menjadi planet baru orang kriptonian.

2. Batman V Superman: Dawn Of Justice

Jadwal Rilis Film Batman vs Superman
» Tanggal Rilis : 23 Maret 2016 (Indonesia)
» Genre: Action, Adventure, Fantasy
» Sutradara : Zack Snyder
» Pemain :
- Ben Affleck as Bruce Wayne (Batman)
- Henry Cavill as Clark Kent (Superman)
- Jason Momoa as Arthur Curry (Aquaman)
- Gal Gadot as Diana Prince (Wonder Woman)
- Ezra Miller as Barry Allen (The Flash)
- Amy Adams as Lois Lane
- Jesse Eisenberg as Lex Luthor
Batman v Superman: Dawn of Justice adalah sebuah film pahlawan super Amerika yang menampilkan karakter DC Comics Batman dan Superman, yang didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures. Film tersebut merupakan kelanjutan Man of Steel yang dirilis pada 2013 dan instalmen kedua dalam DC Extended Universe. Film tersebut disutradarai oleh Zack Snyder, dengan naskah cerita yang ditulis oleh Chris Terrio dan David S. Goyer. Film tersebut dibintangi oleh Ben Affleck, Henry Cavill, Amy Adams, Jesse Eisenberg, Diane Lane, Laurence Fishburne, Jeremy Irons, Holly Hunter, dan Gal Gadot. Batman v Superman: Dawn of Justice merupakan film aksi-hidup pertama yang menampilkan Batman sekaligus Superman, serta film teatrikal pertama yang menampilkan pemeranan aksi-hidup Wonder Woman, Aquaman, Cyborg dan The Flash. Dalam film ini, penjahat Lex Luthor memanipulasi Batman untuk memulai pertarungan dengan Superman.
Film tersebut diumumkan di San Diego Comic-Con International 2013, setelah perilisan Man of Steel. Pra-produksinya dimulai di East Los Angeles College pada Oktober 2013, dengan fotografi prinsipalnya dimulai pada Mei 2014 di Detroit, Michigan, dengan pemfilman tambahan di Chicago, Illinois. Pemfilmannya dilakukan pada Desember 2014. Batman v Superman: Dawn of Justice dirilis di Amerika Serikat pada 25 Maret 2016, dalam bentuk 2D, 3D, dan IMAX 3D.

3. Suicide Squad (2016)

» Tanggal rilis : 3 Agustus 2016 Indonesia
» Genre: Action, Crime, Comedy
» Sutradara : David Ayer
» Rating Usia : D (17 tahun keatas)
» Durasi : 2 jam 3 menit

Suicide Squad adalah sebuah film pahlawan super Amerika Serikat produksi tahun 2016 yang diangkat dari antihero DC Comics dengan judul yang sama. Film tersebut dijadikan installment ketiga dalam DC Extended Universe. Film tersebut ditulis dan disutradarai oleh David Ayer dan dibintangi oleh Will Smith, Jared Leto, Margot Robbie, Joel Kinnaman, Viola Davis, Jai Courtney, Jay Hernandez, Adewale Akinnuoye-Agbaje, Ike Barinholtz, Scott Eastwood, dan Cara Delevingne.
Pada Februari 2009, film Suicide Squad dikembangkan oleh Warner Bros. Pictures. Ayer sepakat untuk menulis dan menyutradarainya pada September 2014, dan pada bulan Oktober proses pemeranannya dimulai. Fotografi prinsipal-nya dimulai pada 13 April 2015 di Toronto, Ontario, Kanada dengan pemfilman tambahan di Chicago, Illinois, dan berakhir pada bulan Agustus pada tahun tersebut. Film tersebut dirilis pada tanggal 5 Agustus 2016.

4. Wonder Woman

Film yang dirilis pada tanggal 31 mei di Indonesia dan 2 juni 2017 secara universal ini dikatakan sebagai film DCEU terbaik karena alur ceritanya yang paling bagus diantar ketiga film DCEU pendahulunya.
Wonder Woman merupakan film superhero wanita yang diadaptasi berdasarkan dari DC Comics tahun 1941 yang berjudul Wonder Woman karya dari William Moulton Marston. Didistribusi oleh Warner Bros Pictures dengan budget pembuatannya sekitar $100 - $120 juta, film ini menjadi sequel film ke 4 dari DC Extended Universe dengan film sebelumnya, Man of Steel 2013, Batman vs Superman Dawn of Justice 2016 dan Suicide Squad 2016.
Film Wonder Woman disutradarai oleh Patty Jenkins (Monster) dengan beberapa produser ternama yang bergabung dalam pembuatan film ini seperti Charles Roven (The Great Wall dan Warcraft), Zack Snyder (300 series dan Watchmen), Deborah Snyder (Justice League) dan Richard Suckle (S.C.O.O.B).
Film Wonder Woman dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti sang pemeran utama, Gal Gadot (Fast and Furious series), Chris Pine (Star Trek series), Connie Nielsen (The Confessions), Robin Wright (Blade Runner 2049), Danny Huston (Frankenstein), Elena Anaya (The Infiltrator), Lucy Davis (Some Guy Who Kills People), dan Ewen Bremner (T2 Trainspotting).

Plot
Pesawat terbang yang ditumpangi Steve Trevor mengalami sebuah kecelakaan di suatu daerah yaitu Pulau Paradise, wilayah itu merupakan salah satu wilayah yang  sangatterisolasi di pedalaman Hutan Amazon.  Setelah beberapa hari,  akhirnya masyarakat di sekitar pulau tersebut berhasil menemukan Trevor. Kemudian Ia mendapat pengobatan dari insiden kecelakaan yang hampir saja merenggut nyawanya.

Disaat Trevor mendapatkan pengobatan, Ia bertemu dengan seorang Putri Cantik dari daerah Amazon yang bernama Diana. Putri Diana menaruh rasa alias jatuh cinta kepada Trevor begitu juga sebaliknya. Setelah beberapa hari akhirnya Trevor sembuh dari lukanya dan Ia harus kembali ke tempat tinggalnya, tentunya dengan ditemani Putri Diana.

Putri Diana masih belum terbiasa mengikuti Trevor, dikarenakan Ia harus dapat beradaptasi ke dalam dunia baru yang tentunya belum pernah ia temui. Seiring berjalannya waktu akhirnya putri Diana dapat beradaptasi dunianya yang baru tersebut. Ia bersama dengan Trevor bersatu membentuk sebuah tim yang tak terkalahkan. Dikarenakan kesetiaan Putri Diana tersebut Trevor kemudian membentuknya sebagai seorang Superhero yang diberi nama Wonder Woman, dan sekaligus menjadikannya asisten untuk dirinya.

Sumber
Wikipedia
Mbahsinopsis.id
filmbioskop.net