Fungsi Fidget Spinner Sebagai Sarana Hiburan dan kesehatan

Hallo agan…saat ini ada mainan yang sedang ngetren bernama fidget spinner. Apa itu fidget spinner, bagaimana cara memainkannya dan apa fungsinya?

Fidget Spinner pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Dengan mainan unik ini, Catherine A Hettinger berharap bisa mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit kuku atau menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan.
Fungsi Fidget Spinner Sebagai Sarana Hiburan dan kesehatan
Fungsi Fidget Spinner Sebagai Sarana Hiburan dan kesehatan
Namun karena hak paten itu sudah kadaluarsa, akhirnya banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan mainan berbentuk baling-baling tersebut baik dari segi bentuk maupun tampilan sehingga menarik bagi masyarakat milenial seperti sekarang.,
Dari namanya saja mungkin kita sudah bisa mengetahui fungsi dari benda yang satu ini. Fidget dalam bahasa Indonesia sendiri berarti gelisah atau cemas, sedangkan  spinner bermakna pemutar. Secara harfiah, nama mainan ini berarti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan.
Cara memainkannya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu memegang mainan dengan dua jari lalu memutarnya. Kamu pun akan merasakan sensasi nikmatnya Fidget Spinner yang sedang berputar.
Fungsi dan manfaat fidget spinner anatara lain:
1. Menghilangkan kebiasaan Fidgetting akibat kebosanan dan kegelisahan
Fidgetting adalah tindakan bergerak secara tidak sadar yang diakibatkan kegelisahan,kebosanan atau kombinasi dari semua itu, penyebab dari fidget disebabkan oleh gen atau oleh alam bawah sadar. Selain itu, Menurut Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, Fidget Spinner diyakini mampu menjadi alat untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, sulit fokus, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

2. Melatih Ketangkasan Jari
Ternyata fidget spinner juga berfungsi untuk melatih otaot-otot jari yang jarang digunakan sehingga fleksibel dan tidak kaku. Bagi orang yang baru menulis sedikit langsung merasa capek dan pegal-pegal fidget spinner ini sangat cocok dimainkan

3. Sebagai sarana Penghilang stres
Memainkan fidget spinner bisa dikatakan sebagai teknik pengelolaan stres cepat (RSMT), dan orang-orang dengan ADHD dan kecemasan cocok untuk menjalani penanganan ini.
Tapi, kalau kecemasan udah akut seperti karena PTSD maka bisa hanya mengandalkan fidget spinner. Tetap perlu ke psikolog. Untuk stres dan kecemasan akut, alat seperti fidget spinner ini bisa jadi pengalihan sementara, tapi tidak bisa menggantikan penanganan medis. Karena gangguan kecemasan masing-masing orang bisa beda-beda, maka tingkat efektivitasnya bisa beda-beda juga. Tapi secara umum, fidget spinner bisa meredakan kecemasan. Dan bisa juga digunakan pada orang dengan autisme yang mengalami kecemasan. Untuk orang dengan ADHD, aktivitas yang berulang-ulang seperti memutar fidget spinner bisa membantu mereka "menahan diri".

4. Menghilangkan kebiasaan menggigit kuku atau mengelupas kulit jari
Kalau agan punya kebiasaan ngegigit kuku atau mengelupas kulit jari, memainkan fidget spinner juga bisa sarana pengalihan.Daripada kuku rusak dan jari berdarah.

5. Meredakan kecemasan berlebih
Manfaat fidget spinner bisa membantu bre menyalurkan energi berlebih saat lagi terpaksa duduk diem. Katakanlah saat harus duduk diam di kelas. Atau lagi nunggu orang. Atau saat agan mengalami kecemasan. Bila agan suka memainkan kancing, menggerakkan kaki, atau menggigit kuku. Fidget spinner maupun fidget cube bisa jadi cara kekinian untuk mengurangi kecemasan.

Demikian artikel Fungsi Fidget Spinner Sebagai Sarana Hiburan dan kesehatan semoga bermanfaat bagi agan sekalian yang sedang mencari informasi tersebut.