Pengertian Bencana dan Macamnya Lengkap

Pengertian bencana sesuai pendapat para ahli telah memberikan bermacam pendapat dan tanggapannya atas pengertian bencana, sedangkan pengertian bencana sesuai UU Nomor 24 Tahun 2007, berbunyi bahwa pengertian bencana adalah peristiwa/rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik itu faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, dan kerugian harta benda, serta dampak psikologis.

Pengertian Bencana dan Macamnya Lengkap

Ditinjau dari apa yang diakibatkannya, bencana sangatlah merugikan manusia dan juga makhluk-makhluk yang ada dibumi seperti tumbuhan dan hewan serta merusak bumi itu sendiri.

Macam-Macam Bencana

Bencana terbagi atas beberapa jenis atau macam yakni, meliputi bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial antara lain..

1. Bencana alam

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh faktor alam tanpa ada campur tangan manusia , antara lain berupa banjir, gempa bumi, angin tornado,tanah longsor, kekeringan, kebakaran liar, angin topan, tsunami, hujan es, gelombang panas, badai tropis, badai salju, gunung meletus, dan lain-lain. walaupun bencana alam ada juga yang terjadi tidak secara alami.

2. Benca nonalam

Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam antara lain kegagalan teknologi, kegagalan modernisasi dan epidemi, serta wabah penyakit. Contohnya wabah virus ebola di Afrika, wabah virus Zika di Brazil, Wabah Demam berdarah di Indonesia, Kebocoran reaktor nuklir di Fukushima, Jepang, Penyebaran radiasi nulkir di Chernobyl. Kebanyakan bencana nonalam disebabkan oleh perbuatan manusia yang kadang melakukan sesuatu tanpa memikirkan dampakanya sehingga menyebabkan bencana.

3. Bencana sosial

Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia dan meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat dan teror. Contohnya: Tawuran antar warga, perang antar suku, teror geng motor, kesenjangan sosial dan lain-lain.

Kejadian Bencana adalah peristiwa bencana yang terjadi dan dicatat berdasarkan tanggal kejadian, lokasi, jenis bencana, korban dan/ataupun kerusakan. Jika terjadi bencana pada tanggal yang sama dan melanda lebih dari satu wilayah, maka dihitung sebagai satu kejadian.

Demikian artikel Pengertian Bencana dan Macamnya semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang mencari informasi tersebut.

Sumber: Artikelsiana