Pengertian Lemak Lengkap

Lemak merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H dan O. Lemak atau lipid  merupakan salah satu nutrisi diperlukan tubuh karena berfungsi menyediakan energi sebesar 9 kilokalori/gram; melarutkan vitamin A, D, E,K dan dapat menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Selama proses pencernaan, lemak dipecah menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol.


Pengertian Lemak Komplit
Makanan berlemak

Lemak merupakan unit penyimpanan yang baik untuk energi. Kelebihan energi dari makanan yang kita makan akan diubah menjadi lemak dan disimpan untuk digunakan dilain waktu. Berdasarkan struktur kimianya, lemak dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh biasanya cair pada suhu kamar. Minyak nabati dan lemak yang ditemukan dalam biji merupakan contoh dari lemak tak jenuh. Lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar dan ditemukan dalam daging, susu, keju, minyak kelapa, dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Kelebihan Lemak dapat menyebaban obesitas (kelebihan berat badan) dan meningkatkan resiko penyakit jatung koroner . Penyakit jantung koroner terjadi bila pembuluh darah tersebut tersumbat atau menyempit karena endapan lemak yang secara bertahap menumpuk di dinding arteri.

Sedangkan dampak yang ditimbulkan akibat kurang mengonsumsi lemak, diantaranya terkena penyakit jantung, stroke, leukemia, dan kanker payudara. Oleh karena itu, kita harus mengonsumsi lemak. Konsumsi lemak perhari sebaiknya sampai 25% dari total kalori sehari . Hal ini sangat dianjurkan karena tubuh membutuhkan kandungan lemak, yang kemudian akan disalurkan untuk kebutuhan tubuh. baca juga pengertian vitamin jenis contoh serta fungsinya

1. Lemak hewani, yaitu lemak yang berasal dari hewan.
   Contoh: keju, susu, daging, kuning telur,daging sapi, daging kambing, daging ayam dan daging lainnya.

2. Lemak nabati, yaitu lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
    Contoh: Kelapa, kemiri,kacang-kacangan dan buah avodkad.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging