Indeks Peta situs Turun, Pengunjung Blog Turun Drastis

Blog saya awalilmu.blogspot.com beberapa waktu ini trafiknya terus turun hingga 70% dan tidak mau naik. Semula saya curiga ini karena saya jarang update artikel lagi dan hanya update beberapa bulan sekali. Kemudian saya coba mengupdate artikel setiap hari dan ternyata pengunjung tidak kunjung bertambah padahal dulu setiap saya update artikel pengunjung blog pasti bertambah. Ini artinya artikel bukanlah masalahnya.

Saya pun membuka webmaster search console dan mengecek setiap informasi disana dari mulai backlink, internal link, eksternal link, google index, page error, perayapan dan lainnya dan akhirnya saya menemukan sumber masalahnya.
Indeks Peta situs
indeks peta situs di search console

Sumber masalah yang membuat trafik blog saya turun dan tidak mau naik walaupun sudah update artikel adalah indeks peta situs atau sitemap blog saya turun drastis. Laman yang terikirim berjumlah 421 sedangkan yang terindeks hanya 52. Padahal seharusnya laman yang terkirim dan terindeks di google jumlahnya harus sama atau beda sedikit menunjukan bahwa situs dalam kondisi baik. Tetapi, indeks blog saya perbedaannya sangat besar yaitu 421 banding 52 berarti ada yang tidak beres pada blog saya.

Biasanya indeks peta situs atau sitemap menurun diakibatkan oleh backlink yang tidak baik, broken link, penempatan internal link yang buruk, duplikat konten dan hal lainnya. Saya pun mulai memperbaiki hal-hal di atas dari mulai menghapus backlink yang tidak baik, memperbaiki internal link, sering update artikel dan terus memantau kesehatan situs lewat google search console atau webmaster.

Cara ampuh menaikkan indeks sitemap yang bisa anda coba
  • 1. Hapus page not found 404 di blog
  • 2. Perbaiki dan hapus duplikat konten
  • 3. Periksa brokenlink atau link mati di blog anda bisa mengeceknya brokenlinkcheck.com
  • 4. Disavow atau hapus backlink dari situs yang berperingkat buruk
  • 5. Mengupdate artikel lama dengan informasi baru
  • 6. Posting artikel secara konsisten paling tidak 1 kali seminggu
  • 7. Perbaiki struktur meta tag pada blog
  • 8. Kirim ulang peta situs lewat google search console
Dengan cara diatas perlahan tapi pasti indeks peta situs blog saya langsung naik. Jadi cara diatas sudah terbukti keberhasilannya dan bisa agan coba bila agan mengalami masalah yang sama seperti yangsaya alami.

Demikian artikel berjudul Indeks Peta situs Turun, Pengunjung Blog Turun Drastis semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian yang sedang mencari informasi tersebut.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging