Jenis-Jenis Bebek atau Itik Petelur

Bebek atau Itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut.

Jenis-Jenis  Bebek atau Itik Petelur

Bebek kadang-kadang disamakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh namun mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, dan coot.

Beberapa jenis bebek juga dapat melakukan kawin silang, namun menghasilkan keturunan yang steril dan tidak bisa memiliki keturunan. Seperti persilangan antara serati dan bebek pelari dapat menghasilkan keturunan steril, brati dan tiktok.

Bebek memiliki banyak kegunaan ekonomis, untuk diternakkan demi daging, bulu, telur, dan juga kotoran mereka. Bebek yang diternakkan merupakan keturunan dari bebek liar Mallard (Anas Platyrhyncos), seperti bebek pelari, kecuali bebek serati yang merupakan keturunan dari Cairina. Bebek yang diternakkan memiliki ukuran yang lebih besar dari nenek moyang mereka.

Secara keseluruhan tubuh bebek berlekuk dan lebar, dan memiliki leher yang relatif panjang, meski tidak sepanjang angsa dan angsa berleher pendek. Bentuk tubuh bebek bervariasi dan umumnya membulat. Paruhnya berbentuk lebar dan mengandung lamellae yang berguna sebagai penyaring makanan

Itik petelur pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu itik petelur dari luar yang didatangkan di Indonesia dan itk petelur lokal. Sebagian besar jenis itik lokal merupakan tipe petelur, dan kalaupun dipelihara sebagai tujuan untuk memproduksi dagingnya, biasanya adalah itik petelur afkir, itik pejantan petelur . Beberapa jenis itip petelur diantaranya :

a) Itik petelur lokal
 Itik tegal
 Itik Alabio
 Itik Mojosari
 Itik Bali
 Itik Magelang
 Itik dari hasil persilangan-persilangan seperti itik BPT AK, itik BPT KAT dan itik BPT KA.

b) Itik petelur dari luar negeri, seperti
 Itik Khaki Cambell
 Itik


Demikian artikel Jenis-Jenis Bebek atau Itik Petelursemoga bisa bermanfaat.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging