Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara

Sebagai sebuah Negara, kita tidak dapat hidup sendirian. Demikian pula Indonesia, meskipun terkenal dengan kekayaan sumberdaya alamnya namun membutuhkan keahlian negara lain untuk mengolah dan memanfaatkannya. Layaknya hidup bertetangga maka Indonesia selalu berhubungan, saling mengisi, saling menolong dan bersama-sama menciptakan hidup berdampingan secara damai.

Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara

Hal itu diwujudkan dengan berbagai bentuk kerjasama. Bentuk kerjasama itu dapat antar negara, contohnya Indonesia dengan Singapura, Indonesia dengan Australia dan Indonesia dengan Thailand. Masing-masing menempatkan duta besar atau konsul jendral untuk mewakili negaranya dalam berbagai urusan dengan negara lain. Bentuk kerjasama itu dapat juga dalam organisasi yang sengaja dibentuk misalnya ASEAN yang berdiri sejak tahun 1967. Didalam ASEAN kita saling kerjasama di bidang politik, ekonomi, soaial dan budaya.

Setiap dua tahun sekali diselenggarakan Pesta Olah Raga Asia Tenggara (SEA Games). Para atlet saling bertanding untuk mejadi juara, berkompetesi secara sportif an mengembangkan saling pengertian dan saling memahami budaya masing-masing bangsa Asia Tenggara. Bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara, terdapat

dalam berbagai bidang, contohnya :

1. Bidang politik : Indonesia menempatkan duta besarnya di seluruh negaranegara Asia Tenggara.

2. Bidang Ekonomi : Indonesia membeli beras dari Thailand, Myanmar dan Vietnam Indonesia tempat berinvestasi negara-negara Thailand (pabrik makanan ternak Charon Phokpand), dan Singapura (bidang jasa keuangan). Indonesia mengrimkan tenaga kerja ke Malaysia dan Singapura.

3. Bidang Budaya : Artis Malaysia dan Indonesia saling pentas dalam acara Titian Muhibah. Titian Muhibah ini merupakan bentuk kerja sama antara 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura.


Tujuan dari program Titian Muhibah ini adalah bentuk penghargaan bagi para mahasiswa yang berprestasi yaitu mahasiswa penerima beasiswa unggulan dari Kemendikbud.
Mahasiswa yang berprestasi yaitu mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler, dan mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Asing, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila.

Kalian dapat memperoleh informasi tentang berbagai bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di berbagai bidang kalau kalian rajin membaca surat kabar atau menyimak berita TV.

Demikian artikel Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara

Sumber: Buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas IX