Mengapa Kita Harus Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua?

Orang tua adalah ayah dan ibu seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Umumnya, orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak, dan panggilan ibu atau ayah dapat diberikan untuk perempuan/pria yang bukan orang tua kandung (biologis) dari seseorang yang mengisi peranan ini. 

Mengapa Kita Harus Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua?

Contohnya adalah pada orang tua angkat (karena adopsi) atau ibu tiri (istri ayah biologis anak) dan ayah tiri (suami ibu biologis anak). Orang tua merupakan setiap orang yang bertanggung jawab dalam suatu keluarga atau tugas rumah tangga yang dalam kehidupan sehari-hari disebut sebagai bapak dan ibu.

Orang tua merupakan orang dewasa yang membawa anak ke dewasa, terutama dalam masa perkembangan. Tugas orang tua melengkapi dan mempersiapkan anak menuju ke kedewasaan dengan memberikan bimbingan dan pengarahan yang dapat membantu anak dalam menjalani kehidupan. Dalam memberikan bimbingan dan pengarahan pada anak akan berbeda pada masing-masing orang tua kerena setiap keluarga memiliki kondisi-kondisi tertentu yang berbeda corak dan sifatnya antara keluarga yang satu dengan keluarga yang lain.

Orang tua merupakan merupakan guru pertama yang mendidik dan mengajari manusia tentang banyak hal. Orang tua merawat dan menjaga anaknya dari dalam buaian hingga dewasa. Sebagai anak kita harus menghormati dan mematuhi mereka. Sebelum mengetahui lebih jauh, kita harus tahu dulu tentang hormat dan patuh.

Hormat secara bahasa artinya menghargai, takzim, sopan, menaruh penghargaan, dan perbuatan yang menandakan rasa hidmat. Secara istilah hormat berarti perasaan menghargai orang tua yang memiliki kelebihan baik segi usia, ilmu, kedudukan, pengalaman, maupun keimanan.

Patuh secara bahasa artinya taat, berdisiplin, dan suka menurut. Secara istilah patuh berarti mematuhi semua perkataan dan peraturan yang ditetapkan. Seseorang yang taat kepada orang tua akan senantiasa menghormati dan mematuhi perintah dan menjauhi larangan mereka.

Perintah menghormati dan mematuhi orang tua dijelaskan dalam Q.S Al-Isra' ayat 23 dan Q.S Luqman ayat 14.

Adapun alasan mengapa kita harus menghormati dan mematuhi kepada orang tua yakni :

1. Orang tua telah berkorban demi anaknya, dari ibu yang 9 bulan mengandung dan membesarkan anaknya, hingga ayah yang terus mencari nafkah untuk keluarganya. Tentunya kita harus menghargai dan menghormati jasa yang telah mereka beri.

2. Menghormati dan mematuhi orang tua sama hal nya dengan menghormati dan mematuhi Allah SWT, dengan menjalankan perintah nya, dan menjauhi segala larangannya.

3. Mematuhi dan mengormati orang tua merupakan amalan mulia setelah shalat tepat waktu, sesuai dengan hadist yang dijelaskan Nabi Muhammad Saw.

4. Dengan menghormati dan mematuhi orang tua kita mendapati banyak hikmah yang Allah berikan, yakni kunci masuk surga, memberi ketenangan hati, memperoleh rezki yang banyak, dapat menghapus dosa besar, dicintai dan disayangi oleh orang banyak.

5. Dalam ajaran Islam menyebutkan bahwa ridha Allah SWT bergantung pada ridha kedua orang tua kita, jadi jika kita tidak menghormati orang tua kita, sama artinya kita tidak menghormati Tuhan YME.

Demikian artikel Mengapa Kita Harus Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua? semoga bisa bermanfaat.