6 Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Masyarakat

Pernahkah kamu mendengar istilah globalisasi? Globasilsasi berasal dari kata globe artinya dunia, dan globalisasi berarti mendunia. Ini berarti dunia yang begitu luas dan jarak antarnegara tidak menjadi halangan untuk bisa saling berhubungan. Kemajuan teknologi dari hari ke hari berperan penting dalam terciptanya proses globalisasi.

6 Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Masyarakat
pixabay
Kita tentu sering menyaksikan televisi yang menayangkan peristiwa di
berbagai belahan bumi. Kita pun bisa berkomunikasi dengan kerabat atau teman
yang tinggal di negara lain dengan mudah. Semua ini bisa terjadi berkat kemajuan teknologi
dan komunikasi yang begitu canggih. Inilah gambaran sedikit mengenai dampak globalisasi yang ada di sekitar kita.

Pengaruh globalisasi telah memengaruhi perilaku masyarakat kita dalam
berbagai bidang kehidupan. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada masyarakat
perkotaan tapi juga masyarakat yang tinggal di perdesaan. Pengaruh globalisasi
ini bisa berdampak positif dan juga negatif. Oleh karena itu kita harus bisa memilih
yang baik untuk diterapkan dan yang buruknya kita tinggalkan.

1. Gaya Hidup

Perubahan pola hidup yang sangat jelas terlihat di kota besar seperti Jakarta yang banyak dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Sebagaimana pula yang terlihat pada kota-kota besar yang ada di negara lain yang telah maju.

Kehidupan masyarakatnya pun telah Berubah karena pengaruh dari barat. Mulai dari pakaian, rambut, bersosialisasi dan gaya rumah. Namun perlu juga diingat tidak semua pengaruh yang datang dari luar negara kita bisa diterapkan begitu saja. Perilaku bangsa lain yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita hendaknya kita jauhi.

2. Makanan

Jika dahulu kita menjadikan nasi sebagai makanan pokok, maka dengan adanya globalisasi kita mengenal mie, spaghetti, burger dan pizza sebagai pengganti makanan pokok. Kita bisa menjumpai berbagai makanan asal negara lain di sekitar kita. Berbagai restoran cepat saji pun tersebar di nusantara seperti Mc Donald, Pizza Hut, dan KFC yang semua makanan dan minuman yang disajikan berasal dari Negara Amerika. Kini dengan adanya globalisasi, makanan asing tersebut mudah dijumpai di mana-mana terutama di pusat-pusat perbelanjaan.

3. Pakaian

Celana jeans, T-Shirt, setelan jas, gaun malam, baju pesta, hingga baju pengantin juga tidak terlepas dari dampak globalisasi yang ada di sekitar kita. Setelan jeans dan T-shirt mudah sekali kita jumpai. Bahkan setelan jas yang dahulu hanya dipakai oleh bangsa barat, kini sudah menjadi pakaian resmi internasional. Gaun malam, baju pesta, dan baju pengantin ala barat yang beragam, juga bisa dimiliki dengan mudah. Baju-baju tersebut berasal dari negara barat yang kini sudah mendunia.

4. Komunikasi

Di antara kamu mungkin sudah mengenal bahkan memiliki handphone. Ini merupakan salah satu kemajuan teknologi komunikasi yang berkembang seiring arus globalisasi yang ada. Teknologi internet yang kian berkembang juga memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan bertukar informasi di berbagai belahan dunia manapun dengan cepat dan aktual.

5. Transportasi

Pesawat terbang merupakan salah satu contoh kemajuan di bidang transportasi sebagai dampak lain dari arus globalisasi. Dengan adanya pesawat terbang, perpindahan arus barang dan orang dari satu negara ke negara lainnya menjadi cepat dan mudah. Jauhnya jarak, tidak lagi menjadi masalah. Perkembangan jenis pesawat pun semakin beragam dan semakin canggih.

6. Nilai-nilai dan tradisi


Nilai atau norma merupakan aturan yang tidak tertulis namun diakui dan dihormati oleh masyarakat. Namun nilai-nilai tersebut kini sudah mulai bergeser bahkan bercampur dengan nilai-nilai yang baru yang berasal dari luar. Tradisi nenek moyang pun perlahan sudah mulai terlupakan. Sebagai orang yang pandai dan cinta tanah air, sepantasnyalah kita tetap mempertahankan nilai dan tradisi yang sesuai dengan kepribadian bangsa.

Demikian artikel 6 Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Masyarakat semoga bermanfaat.